Kasus Proyek Jalan,KPK Tahan Maikel Kambuaya

Hukum

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menahan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Papua, Maikel Kambuaya, pada hari ini. Dia ditahan usai diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pekerjaan peningkatan jalan Kemiri-Depapre, Jayapura pada APBDP Papua tahun anggaran 2015.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, Maikel Kambuaya ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Pomdam Jaya, Guntur, Jakarta. Maikel‎ akan menjalani masa penahanan pertamanya selama 20 hari kedepan.

“MK (Maikel Kambuaya), mantan Kepala Dinas PU Bina Marga Pemerintah Provinsi Papua ditahan 20 hari ke depan terhitung sejak hari ini, 1 Juli 2019,” kata Febri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (1/7/2019).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua orang tersangka. Kedua tersangka tersebut yakni Kadis Pekerjaan Umum (Kadis PU) Papua, Maikel Kambuaya serta Komisaris PT Bintuny Energy Persada (PT BEP) David Manibui.

‎Keduanya diduga melakukan mark up dari proses kontrak antara PT BEP dengan Mikael Kambuaya. Dimana, sekira 10 hingga 15 persen dari keuntungan proyek jalan di Papua ini masuk ke kantong pribadi pejabat di Papua.

Febri mengatakan, pihaknya telah menerima hasil penghitungan kerugian keuangan negara dalam kasus ini. Berdasarkan hasil penghitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp40,9 miliar.

“Minggu lalu, KPK juga telah menerima perhitungan kerugian keuangan negara dari BPK-RI untuk perkara ini. Diduga negara dirugikan Rp40,9 milar,” kata Febri. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.