PSBB DKI Jakarta: Tak Pakai Masker Terancam Pidana 1 Tahun

Bogor Now Hukum Nusantara

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Polisi akan menindak bagi pengendara yang tak mematuhi aturan Pembatasan Sosial Skala Besar atau PSBB DKI Jakarta. Penindakan itu baru berupa surat teguran tertulis.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, alasan pemberian teguran tertulis itu diberikan agar masyarakat bisa lebih disiplin ke depannya.

Surat teguran itu nantinya tercatat dalam database. Sehingga jika pengendara melalukan pelanggaran yang sama bisa diberikan sanksi tegas.

“Kenapa kita berikan teguran tertulis? Ada datanya lengkap, jadi nanti kalau sudah dua kali (melanggar) sudah masuk data base, bisa kita lakukan sanksi,” ucap Yusri, Senin (13/4).

Kombes (Pol) Yusri meminta agar masyarakat mematuhi aturan selama PSBB diberlakukan, termasuk penggunaan masker. Menurut dia jangan sampai tak patuh menggunakan masker bisa dipenjara 1 tahun

“Tapi itu adalah jalan terakhir. Jangan cuma engga pake ini (masker) kena satu tahun,” katanya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan penindakan itu dimulai dari diberikannya surat teguran.

Bagi pengendara yang melanggar juga diminta untuk membuat surat pernyataan.

“Hari senin kita akan berikan semacam blangko teguran bagi masyarakat yang melanggar PSBB ini nanti kemudian akan kita minta turun dari kendaraannya,kita minta mengisi blangko kemudian mereka membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya,” kata Sambodo kepada wartawan, Minggu (12/4).

Menurut dia, jika pengendara itu mengulangi kesalahan yang sama, pihaknya akan memberikan sanksi yang lebih berat dari sanksi sebelumnya.(Red)