SD Di Daerah Pedalaman Yang Masih Tertinggal

Hukum Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan adalah Sesuatu yang penting bagi semua orang untuk kelangsungan hidupnya di kemudian hari.Pendidikan juga sangat penting bagi anak-anak ditempat terpencil atau pedalaman.

Karena Pendidikan merupakan salah satu cara untuk memajukan Negara dan bahkan salah satu fungsi pemerintahan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Baik berupa kesehatan maupun Pendidikan .

Semua orang berhak mendapatkan pendidikan yang sama meskipun di daerah pedalaman.Tetapi pada kenyataanya Pendidikan yang ada di Negeri ini masih kurang merata.

Pemerintah masih mengutamakan Pendidikan di kota-kota dibandingkan di daerah pedalaman.Hal ini disebabkan karena jarak yang terlalu jauh, jalannya yang masih sulit untuk dilalui alat tranportasi sehingga pemerintah sulit untuk menjangkau tempat tersebut. 

Banyak sekali anak- anak pedalaman  yang susah sekali untuk mendapatkan Pendidikan Sekolah Dasar meskipun sudah banyak mendapat bantuan dari pemerintah seperti sekolah gratis,dana bos, beasiswa dan lain sebagainya.

Semua itu dikarenakan keterbatasan ekonomi,jarak yang terlalu jauh,atribut sekolah yang kurang memadai, tenaga guru yang kurang dan yang paling banyak yang terjadi adalah kurangnya pemahaman orangtua terhadap pentingnya Pendidikan.Semua itu menjadi masalah untuk seseorang mendapatkan Pendidikan.

Sekolah SD di pedalaman tidak sama dengan sekolah di kota-kota besar.SD di pedalaman fasilitasnya masih kurang baik.

Sekolah SD di pedalaman hanya ada 6 ruangan ada juga yang hanya memiliki 2 ruangan tidak seperti SD di kota yang memiliki banyak ruangan.

Kursi di SD pedalaman ada yang sudah tidak layak di pakai,meja belajar yang sudah keropos,jendela yang sudah rusak dan banyak anak yang bersekolah tanpa memakai sepatu,seragam sekolah dan ada juga tidak memakai alas kaki.Sedangkan anak- anak SD yang di kota semuanya sudah berseragam dengan rapi. 

Anak- anak SD di pedalaman sangat bersemangat untuk sekolah meskipun  jarak sekolah yang terlalu jauh, dan harus berjalan kaki melewati sungai dan hutan- hutan yang rimbun.Sikap pantang meyerah dari anak pedalaman patut dicontoh bagi anak-anak yang lain.

Kita juga harus memberikan apresiasi terhadap guru yang sudah banyak berkorban untuk anak yang berada di pedalaman.

Banyak yang rela mengabdikan dirinya untuk mendidik anak pedalaman meskipun meninggalkan anggota keluarga yang disayanginya. 

Kondisi sekolah di pedalaman masih sangat memprihatinkan tetapi  banyak orang yang belum mengetahui hal tersebut.Di harapkan pemerintah turun tangan untuk melihat kondisi yang ada di daerah pedalaman .

Pemerintah segera memperbaiki fasilitas di daerah tersebut seperti jalan raya, jembatan,dan memberikan fasilitas sekolah yang memadai .Dengan demikian dapat membantu anak untuk memperoleh Pendidikan dengan baik. 

(Red/Nama : Maria Veronika Peni Ritan)

(Nim : 2018015329, Mahasiswa Universitas Sarjanawiata Tamansiswa)