Sekda DKI Jakarta : Revitalisasi Kawasan Monas Dihentikan Sementara

Hukum

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saifullah mengatakan pihaknya menghentikan sementara proses revitalisasi bagian selatan Monumen Nasional, Jakarta. Penghentian ini dilakukan setelah pihak Pemprov DKI menggelar rapat pimpinan gabungan secara tertutup dengan pimpinan DPRD dan peninjauan secara langsung pengerjaan proses revitalisasi.

“Kita lebih suka ini diteruskan, tapi karena ada hasil rapat koordinasi DPRD, ya sudah ini dihentikan sementara, untuk menghargai ini semua, dan kita menunggu dari Kemensetneg, sebagai ketua komite untuk memberikan rekomendasi,” ujar Saefullah seusai melakukan peninjauan langsung pengerjaan revitalisasi Monas bersama pimpinan DPRD, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Saefullah berharap penghentian sementara ini tidak terlalu lama. Pasalnya, revitalisasi bagian selatan Monas ini hanya sebagian kecil dari Monas dan kawasan pembangunan Medan Merdeka Barat.

“Kita berharap ini tidak dilakukan berlama-lama, dalam waktu yang singkat. Kalau dari sisi kita, ini kan hanya sebagai bagian kecil dari sisi Monas, kita ingin ini berfungsi,” tandasnya.

Menurut Saefullah penghentian ini akan menunggu sampai adanya surat dari Menteri Sekretaris Negara dan rapat koordinasi dengan pimpinan DPRD DKI Jakarta.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan pimpinan DPRD sudah merekomendasikan agar revitalisasi Monas dihentikan sementara sampai ada izin dari Mensesneg Praktikno sebagai Ketua Komisi Pengarah pembangunan Monas.

“Langkah-langkah apapun di Monas itu harus ada izin pemerintah pusat. Diketahui, tim pengarahnya yaitu kemensesneg. Ini rekomendasi kami, tolong revitalisasi ini sementara dihentikan, menunggu, mulai besok, menunggu surat dari kemensesneg,” kata Edi.

Diketahui, Pimpinan DPRD DKI dan Pemprov DKI menggelar rapat bersama di Ruang Rapat Ketua DPRD DKI pada Selasa (28/1/2020) pagi hingga sore hari. Rapat ini membahas revitalisasi Monas. Seusai rapat, mereka meninjau langsung pengerjaan revitalisasi Monas.

Pejabat yang hadir dilokasi dari pihak Pemprov yakni Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah, Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (CKTRP) Heru Hermawanto, dan Kepala Seksi Pelayanan UPK Monas Ifal Guci.(Red)