Selundupkan Motor Harley Davidson,Erick Thohir Pecat Dirut PT Garuda Indonesia

Hukum

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Menteri BUMN,Erock Thohir memecat Dirut PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra karena tersangkut penyeludupan motor Harley Davidson.

Selain itu, Askhara, juga terancam terkena pidana karena kasus tersebut.

“Komite audit mempunyai kesaksian motor Harley Davudson diduga milik AA. Dengan ini saya memberhentikan saudara sebagai Dirut Garuda,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (5/12).

Askhara, disebut Erick, pernah memberikan instruksi untuk mencari motor classic Harley Davidson. Hal itu memperkuat dugaan penyelundupan tersebut.

“Yang sungguh menyedihkan adalah bahwa ini proses secara menyeluruh di dalam sebuah BUMN. Bukan individu, tetapi menyeluruh. Ini yang tentu pasti membuat ibu menteri keuangan sangat sedih dan saya juga sangat sedih,” tandasnya.

Sebelumnya, motor Harley dan sejumlah barang lainnya itu datang bersama dengan rombongan direksi PT Garuda Indonesia.

Mereka menumpang pesawat baru Garuda,A330-900 Neo, yang terbang dari Perancis dan tiba hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) di Bandara Soekarno-Hatta pada 17 November 2019.

Pesawat Airbus seri terbaru yang didatangkan langsung dari Toulouse itu mengangkut 10 awak dan 22 penumpang.

Keterangan dari sumber , manifes dan airway bill pesawat menyebutkan nil cargo, artinya tidak ada kargo. Pesawat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan disambut acara seremonial di hanggar nomor 4 milik GMF. (Red)