SUKSES DUA KALI,Kuliah Sambil Mondok

Hukum Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Kuliah merupakan pembelajaran tingkat lanjut setelah kita menempuh SMA/K. Dengan kuliah kita akan mendapatkan gelar sarjana. Saat ini, kuliah sangat diinginkan banyak orang. Selain untuk memperluas ilmu, kuliah ditempuh karena tuntutan jaman yang mengharuskan para pelamar kerja berstatus sarjana.

Mungkin disini banyak yang masih asing dengan kata mondok, Apa itu mondok?. Mondok dalam bahas jawa memiliki arti “ing pondok”, pondok yaitu pesantren. Dengan kata lain mondok berarti kita hidup di pesantren untuk menuntut ilmu agama.

Jadi, kuliah sambil mondok berarti kita kuliah tetapi hidup di pesantren/pondok. Biasanya kebanyakan mahasiswa memilih ngekos atau ngontrak. Pasti kalian bertanya-tanya bagaimana dengan tugas kuliah? Di pesantren kan enggak boleh bawa hp?. Tenang teman-teman, saat ini banyak sekali pesantren yang mendukung santrinya untuk mengikuti perkembangan zaman dengan kuliah. Apalagi saat ini sudah banyak pesantren yang isinya khusus mahasiswa. Jadi, di pesantren tersebut membebaskan santrinya menggunakan gadget untuk mendukung perkuliahan. 

Siapa bilang mondok membuat kita tidak bebas beraktivitas? Jangan salah kawan, dengan mondok kita memiliki berbagai aktivitas yang positif. Ditambah lagi dengan aktifitas kuliah kita. Dipondok juga membebaskan santrinya untuk ikut organisasi kampus atau luar kampus. Pondok sangat mendukung apa yang diinginkan santrinya jika itu merupakan hal yang positif dan bermanfaat bagi santri

Manfaat yang bisa kita dapat dari kuliah sambil mondok yaitu :

  1. Pandai mengatur waktu

Dengan kuliah sambil mondok tentu kita akan menjadi pandai mengatur waktu. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Tentu karena tidak hanya menuntut  ilmu di kampus saja yang kita lakukan, tetapi kita harus mengatur waktu kita akan menuntut ilmu di pesantren. Jadi, kita harus mengatur waktu kita agar semua bisa kita lakukan. Kalian tidak perlu khawatir, dipondok biasanya pelajaran dimulai sehabis magrib sampai jam 8 malam dan setelah subuh sampai jam 6 pagi. Masih sangat mungkin kita lakukan tanpa mengganggu kuliah kita.

  1. Wawasan semakin luas

Di dalam pondok, kita kan mendapatkan berbagai ilmu agama. Tidak hanya itu kita juga akan bertemu dengan berbagai teman yang berasal dari kampus lain yang berlatar belakang jurusan yang berbeda. Dengan itu kita dapat shareing tentang pengalaman-pengalaman yang dimiliki.

  1. Menambah teman 

Pondok khusus mahasiswa merupakan pondok yang isinya adalah mahasiswa dari berbagai kampus. Maka dari itu tidak hanya teman satu kampus saja, tetapi kita akan mempunyai teman dari berbagai kampus lain.

  1. Mendapatkan ilmu dunia dan akhirat

Tentu saat kuliah, kita akan mendapatkan ilmu yang nantinya akan kita gunakan di dunia. Sebagai contoh untuk kerja. Dan saat kita mondok, kita akan ngaji yang isinya yaitu mempelajari ilmu tentang agama sebagai contoh bagaimana kita melaksanakan sholat dengan benar, mengetahui bagaimana keadaan akhirat setelah kita mati. Tentu dengan itu semua akan membuat kira semakintertambah iman dan taqwa.

Hidup di pondok pesantren itu ikatan kekeluargaannya sangat kuat. Saat kita mengalami kesulitan, teman satu pondok lah yang akan membantu kita. Misalnya saat kita kesulitan mengerjakan tugas kuliah, kita dapat bertanya dengan mahasiswa yang berasal dari kampus lain. Apalagi jika kita saat nikah, dipastikan akan rame sekali karena satu pondok datang semua. Hehehe . . . :v

Jadi, jangan takut untuk kuliah sambil mondok, karena kita akan sukses dua kali yaitu dunia dan akhirat. Insyallah aamiin . . .
NB: pengalaman anak kuliah yang nyantri ☺

(Red/ LUTFIATUL MUNJIANAH ,kuliah KBIT di UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA, JOGJAKARTA))