Tegas,Polisi Berhasil Amankan 15 Travel Gelap Yang Angkut 113 Pemudik

Bogor Now Hukum

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Jajaran Polda Metro Jaya berhasil kembali mengamankan 15 travel gelap yang mengangkut pemudik ke sejumlah wilayah di Pulau Jawa.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Yogo Purnomo menuturkan 15 travel gelap yang mengangkut ratusan pemudik itu terjaring saat mencoba melintasi pos pengamanan Cikarang Barat pada Jumat 1 Mei 2020 malam.

“Tadi malam antara pukul 21.00 sampai 00.00 WIB, di pos penyekatan Cikarang Barat kita hanya dalam waktu tiga jam saja kita amankan 15 travel gelap, travel liar yang mengangkut kurang lebih 113 penumpang. Keseluruhannya untuk tujuan ke Jabar, Jatim dan Jateng,” kata Sambodo di Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (2/5/2020).

Adapun, kata Sambodo para travel gelap mematok harga kepada penumpangnya berkisar Rp 300.000 sampai Rp 500.000 untuk sekali perjalanan. Mereka modusnya pun mengiklankan jasa melalui media sosial hingga aplikasi pesan WhatsApp.

“Tiap penumpang itu ditarik antara Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu dan ini sama modusnya dengan yang kita tangkap sebelumnya, bahwa mereka mengiklankan itu (jasa travel gelap) melalui media sosial, ada yang melalui Facebook dan ada yang melalui WA,” terang Sambodo.

Dengan adanya kejadian tersebut Sambodo menuturkan pihaknya bakal mendalami dan memanggil pemilik travel guna memberikan sanksi bagi sopir travel gelap tersebut.

Atas perbuatannya, para travel gelap itu dikenakan Pasal 308 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009 dengan denda maksimal Rp 500 ribu. Dikarenakan kendaraan mereka yang digunakan tidak memiliki izin untuk mengangkut penumpang.

“Nanti kita akan panggil (pemilik travel), sementara kendaraan kita tahan, kita tilang, tapi untuk penumpangnya kita kembalikan,” tutur Sambodo.(Red)