Telah Dicekal,Hari Senin Habib Bahar bin Smith Diminta Memenuhi Panggilan Polisi

0
60
Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Mabes Polri resmi mengeluarkan surat pencekalan bepergian ke luar negeri kepada penceramah Bahar Bin Smith Per 1 Desember 2018.Surat cekal itu dikeluarkan terkait kasus dugaan ujaran kebencian dan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, surat pencekalan tersebut sudah dikirim ke Dirjen Imigrasi.

Dia menjelaskan,dari hasil penyelidikan Tim Gabungan Bareskrim Tipidum dan Cyber bersama Ditkrimum Polda Sumatera Selatan,diketahui bahwa kasus ujaran kebencian oleh Bahar Bin Smith dilakukan di Palembang sekitar 2017 lalu.

“Dari hasil sidik kasus ujaran kebencian Habib Bahar, diketahui lokus dan tempatnya di Palembang bulan Januari 2017,” ujar Dedi saat dikonfirmasi, Sabtu (1/12).

Selain pencekalan, polisi pun sudah melayangkan surat pemanggilan terhadap Bahar Bin S. Dedi mengatakan, surat pemanggilan sudah dilayangkan sejak Jumat (30/11) kemarin.

Bahar Bin Smith dipanggil menjadi saksi dan akan diminta keterangan penyidik Mabes Polri pada Senin (3/12) nanti. Dikatakan Dedi, pemanggilan Bahar Bin Smith itu karena adanya laporan.

Pertama laporan di Bareskrim Polri dan Ditkrimsus Polda Metro Jaya. Laporan di Bareskrim dibuat oleh pelapor La Komaruddin dengan nomor LP/B/1551/XI/2018/Bareskrim tertanggal 28 November 2018.

Sedangkan di Polda Metro Jaya, Bahar dilaporkan oleh Calon Legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muannas Alaidid yang tercatat nomor TBL/6519/XI:2018/PMJ / Ditreskrimsus tertanggal 28 November 2018.

Adapun pasal yang dipersangkakan adalah Pasal 16 ayat 4 (a) ke 2 UURI No. 40 tahun 2018 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis dan/atau Pasal 28 ayat (2) UU RI No.19 th 2016 tentang perubahan UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here