Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas

Hukum Kampus Kita

KORANBOGOR..com,YOGYAKARTA-Pada saat ini kita tahu bahwa di Indonesia sedang  mengalami musim yang tidak menentu apalagi di akhir akhir waktu ini.

Kita pun susah memprediksikan kapan cuaca akan panas dan kapan cuaca akan tiba tiba panas terik. Walau menurut sebagian orang cuaca panas terik bukan hal yang serius,namun jika kita tidak memperhatikan kesehatan kita maka ini mungkin bisa menjadi hal yang serius.

Maka dari itu kita harus dapat mengerti apa yang dibutuhkan untuk tubuh kita. Dengan kita menjaga kesehatan dan menjaga pola hidup kita.

Beberapa hal yang kita lakukan bisa berdampak baik,apalagi jika kita juga mengatur pola hidup kita. Agar kesehatan kita terjaga pada saat musim yang seperti ini maka kita dapat melakukan beberapa tips di bawah ini:

  1. Banyak minum air putih

Air putih adalah minuman paling baik di antara minuman yang lain, normalnya kita harus minum 2 liter air putih sehari atau 8 gelas per hari. Meminum air putih dapat membuat kita terhindar dari dehidrasi dan akan membuat tubuh kita jauh lebih segar apalagi di saat cuaca yang panas.

  1. Mengkonsumsi buah dan sayur

Mongkonsumsi buah dan sayur sangat berpengaruh pada tubuh kita karena buah dan sayur. Di dalam sayur dan buah terdapat vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B. Kandungan yang terdapat pada buah dan sayur ini juga dapat menjaga imun kita agar tetap sehat. Kita juga tahu bahwa orang-orang yang mengkonsumsi banyak buah dan sayur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit.

  1. Tidur cukup

Tidur malam sekitar 8 jam per harinya membuat daya tahan tubuh bekerja dengan optimal. Dengan memberikan tubuh kita tidur yang cukup maka kita dapat memberikan tubuh kita untuk beristirahat. Jika kita memberikan tidur yang cukup untuk tubuh kita pada malam hari maka saat kita bangun dari tidur kita, kita akan lebih merasa bugar, dan juga sehat.

  1. Mencuci tangan

Kita juga harus menjaga kebersihan tubuh kita terutama tangan, dengan kita menjaga kebersihan maka kuman tidak akan mau bersarang pada tubuh kita. Sebelum kita melakukan kegiatan ataupun sesudah melakukan kegiatan hendaknya kita mencuci tangan kita dengan teliti menggunakan sabun atau jika kita malas untuk mencari keran disaat di luar ruangan maka kita dapat selalu membawa hand sanitizer untuk kita gunakan sebagai pengganti air mengalir dan sabun.

Itulah beberapa tips agar kita dapat menjaga kesehatan kita di saat cuaca panas ini. Walaupun hal sepele, namun lebih baik mencegah dari pada menyembuhkan.

(red/ Lintang Salsabila, mahasiswa Universitas Sarjanawiyata ,Yogyakkarta )