TNI Dan Warga Terus Kebut Pengerjaan Rehab RTLH Milik Khoiriyah, Warga Desa Sidogemah

Hukum Nusantara


KORANBOGOR.com,DEMAK – Memasuki hari ke 22 pelaksanaan Karya Bhakti Serbuan Teritorial Korem 073/Makutarama di wilayah Kecamatan Sayung,Demak, Jawa Tengah, sejumlah anggota TNI dari Kodim 0716/Demak bersama warga terus kebut pengerjaan sasaran fisik rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).

Dari 30 sasaran rumah yang direhab, rata-rata progres pengerjaannya sudah mencapai 50 persen. Salah satunya rumah milik Ibu Khoiriyah. Seorang wanita paruh baya warga Desa Sidogemah yang rumahnya
setiap hari kemasukan air rob.

Minggu (11/10/2020) pagi kemarin, rumah yang terbuat dari kayu tersebut dinaikkan dengan mengangkat tiang dan kerangka atap rumah secara bersama-sama oleh TNI dan warga.

Rumah tersebut dinaikkan lebih dari 60 centimeter. Setelah mereka menjunjung bersama, dibawah tiang diberikan batu sebagai
pengganjal sementara sebelum dibangun pondasi.

Dikemukakan Danramil 12/Mranggen, sekaligus sebagai koordinator sasaran rehab RTLH, Kapten Arm Sukartiyo, rumah Khoiriyah yang direhab itu adalah satu diantara 10 unit RTLH yang berada di Desa Sidogemah yang direhab melalui Serbuan Teritorial.

Hal ini dikarenakan rumah tersebut kondisinya sudah tidak layak huni, apalagi setiap hari air rob mengganangi rumah milik Khoiriyah.

“Dari 30 unit RTLH, 10 rumah yang direhab berada di Desa Sidogemah. Salah satunya milik Ibu Khoiriyah ini. Untuk itu, kami akan kebut pengerjaannya agar selesai tepat sebelum Serbuan Teritorial ditutup,” tegasnya.
Dirinya yakin, dengan semangat yang ditunjukkan anggota TNI bersama warga, pengerjaan sasaran RTLH dapat diselesaikan dengan baik, apalagi di masing-masing sasaran rehab rumah, Korem 073/Makutarama menerjunkan tukang andalan dari Kodim 0716/Demak.

“Di masing-masih lokasi sasaran RTLH, ada 4 atau 5 anggota TNI. Dan satu diantaranya merupakan tukang, ditambah lagi dengan warga yang juga banyak memiliki kemampuan pertukangan, saya yakin semua dapat diselesaikan dengan baik. Dan hasilnya dapat bermanfaat bagi warga,” tandas Kapten Sukartiyo.

Sementara itu, Khoiriyah, pemilik rumah mengucapkan terima kasih banyak kepada TNI yang telah merehab rumahnya. Dirinya tak menyangka, rumah miliknya mendapat bantuan dalam progam Serbuan Teritorial Korem 073/Makutarama.

“Saya hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI
yang telah merehab rumah saya,” tuturnya.