Unsur Bakamla RI/IDNCG di Sambas dan Bitung Turut Aksi Lawan COVID-19

Hukum Wisata

KORANBOGOR.com,PEMANGKAT-Berbagai cara dilakukan Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) untuk memutus penyebaran COVID-19. Hal ini berlaku bagi seluruh jajaran Bakamla RI/IDNCG, baik di Pusat, maupun daerah-daerah. 

Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bakamla RI/IDNCG Sambas bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Pemangkat, melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga di setiap kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Pemangkat, beberapa hari lalu. 

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) Pemangkat, Polsek Pemangkat, Kompi 645 Pemangkat, dan Koramil Pemangkat.

Penyemprotan disinfektan tersebut akan dilaksanakan setiap hari selama masa pendemi COVID-19. Kegiatan ini tidak menutup kemungkinan juga akan dilaksanakan di kecamatan lain yang ada di Kabupaten Sambas.

Beberapa waktu sebelumnya, SPKKL Sambas bersama stakeholder instansi terkait seperti Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemangkat, Satpolairud Polres Sambas, Posmat TNI AL Pemangkat, Puskesmas Pemangkat, Balai Karantina Pelabuhan, dan Yonif 645 Pemangkat, melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan pada area Pelabuhan Perikanan Pemangkat secara menyeluruh.

Kegiatan ini berlanjut ke area pangkalan ojek, perumahan warga dan bangunan gedung instansi Pemerintah.

SPKKL Sambas juga turut memberikan bantuan berupa cairan disinfektan kepada warga, dan mengundang Polairud Polres Sambas,Taruna Insan Bahari Penjajap yang membuka Posko Pemangkat Mengaji,untuk melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan ke kapal-kapal motor penyeberangan yang menghubungkan Pemangkat dan Jawai. SPKKL Sambas juga memberikan himbauan terkait cara menghindari penyebaran COVID-19.

Kegiatan ini rutin diadakan dengan lokasi penyemprotan yang berpindah-pindah pada perumahan warga Penjajap.

Di lokasi yang berbeda, Stasiun Bumi & SPKKL Bitung Bakamla RI/IDNCG juga melaksanakan kegiatan dengan warga sekitar kantor dalam mencegah dan menangkal virus COVID-19 dengan melakukan penyemprotan disenfektan di lingkungan rumah warga sekitar kantor Stasiun Bumi dan SPKKL Bitung.

Hal ini di sambut dengan baik oleh warga setempat dan mendapatkan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada Bakamla RI./IDNCG.

Personel SPKKL Bitung juga menghimbau warga Bitung agar tidak terlalu panik berlebihan. Kuncinya adalah tetap semangat, tetap berfikiran positif, berdoa, dan selalu menjaga kebersihan diri agar terhindar dari COVID-19. (Red/rilis)