Bungkam Inggris,Belanda vs Potugal Di Final UEFA Nations League

Internasional Olahraga

KORANBOGOR.com,PORTUGAL-Dengan perpanjangan waktu Belanda berhasil menyingkirkan 3-1 Inggris pada laga semi-final UEFA Nations League, di Estádio Dom Afonso Henriques, Portugal , Jumat (7/6/2019) dinihari WIB.

Ketiga gol Belanda dicetak oleh M. de Ligt menit ke-73, gol bunuh diri Kyle Walker menit ke-97 dan gol Quincy Promes menit ke-114. Sedangkan gol balasan Inggris diciptakan oleh Marcus Rashsford menit ke-32.

Kemenangan ini jadikan Belanda bertemu Portugal di final. Portugal lolos ke final setelah mengalahkan Swiss 3-1. Ketiga gol Portugal dicetak oleh Cristiano Ronaldo.

Laga Belanda melawan Inggris sejak menit awal berlangsung seru. Kedua tim langsung memperagakan saliing serangan.
Menit ke-32 Inggris akhirnya unggul lewat tendangan penalti Rashford. Hadiah penalti diberikan oleh wasit karena De Ligt menjatuhkan Rashford di kotak terlarang. Selain diganjar penalti, De Ligt juga diberikan kartu kuning.

Rashford yang jadi algojo sukses menjalankan tugas. Tanpa kesulitan, pemain Manchester United itu menempatkan bola ke sudut kiri kanan gawang yang salah diantisipasi oleh Cillessen. Tidak ada lagi gol selain itu hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Inggris mengambil inistatif menyerang. Menit ke-50 harusnya Inggris mampu memperbersar keunggulan. Sterling yang sudah berdiri bebas tanpa kawalan di dalam kotak penalti berhasil melepaskan tembakan akurat . Sayang masih bisa dimentahkan Cillessen. Ternyata pemain Manchester City tersebut sudah offside.
Menit ke- 55 giliran peluang Belanda yang gagal jadi gol. Awalnya De Roon melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, bola berhasil dihadang kiper Pickford menggunakan kakinya membuat bola melambung ke udara. Depay lalu berupaya melakukan tendangan salto, namun gagal.

Menit ke-73 akhirnya Belanda mampu menyamakan kedudukan . Berawal dari sepak pojok yang dilepas oleh Memphis Depay, bola yang melambung ke kotak penalti disundul dengan keras oleh M. de Ligt yang tidak bisa diantisipasi Pickford.

Menit ke-83 harusnya Inggris unggul 2-1. Berawal dari umpan terobosan yang diberikan oleh Barkley dan disambut sepakan mendatar Lingard dari dalam kotak penalti, yang tak mampu dihentikan Cillessen.

Namun wasit menganulir gol itu karena Lingard dinilai offside. Pemain-pemain Inggris sempat memprotes sehingga wasit minta bantua VAR dan memang Lingard offside.

Dua menit kemudian giliran pemain Belanda yang protes wasit. Berawal dari umpan silang mengenai lengan Chilwell. Wasit tida menganggapnya penalti sehingga pemain Belanda protes. Wasit kembali mengecek VAR, namun tidak ada penalti untuk Belanda.

Hingga babak kedua selesai kedudukan tetap 1-1 sehingga pertandingan dilanjutkan lewat perpanjangan waktu.
Petaka datang pada Inggris menit ke-97 ketika Walker salah mengantisipasi bola dan justru masuk ke gawang sendiri.

Gol itu membuat mental pemain-pemain Inggris runtuh. Dan menit ke-144 Belanda memastikan kemenangan lewat gol Quincy Promes yang berhasil memanfaatkan umpan manis dari Depay.

Unggul 3-1 membuat Belanda kian nyaman mengendalikan permainan dan hingga laga usai tetap mampu mempertahankannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.