FIFA : Proposal Pergantian Lima Pemain Disetujui IFAB

Internasional Olahraga

KORANBOGOR.com,ZURICH-Badan Regulasi Sepak bola (IFAB) menyetujui proposal yang diajukan FIFA terkait pergantian lima pemain menyikapi pandemi virus corona. Pergantian lima pemain dianggap jadi solusi terbaik sampai kompetisi bisa bergulir normal lagi

“Untuk seluruh kompetisi yang sudah dimulai atau baru akan dimulai, tapi dijadwalkan selesai 31 Desember 2020, IFAB menyetujui proposal FIFA untuk membuat amandemen sementara di aturan nomor 3 – pemain, yang mengizinkan pergantian maksimal lima pemain untuk setiap tim,” ujar pernyataan resmi IFAB.

Sebelumnya, FIFA mengajukan proposal pergantian lima pemain sampai musim 2019/2020 selesai guna menyikapi pandemi covid-19.

Alasannya, adalah menjaga fisik dan kesehatan para pemain karena mereka sudah dua bulan lebih tidak merumput.

Jika liga harus dituntaskan dengan cepat, maka fisik pemain akan terancam yang mana bisa berujung pada cedera.

Proposal FIFA itu disetujui IFAB dengan syarat seluruh kompetisi harus selesai maksimal akhir tahun.

“Meski demikian, agar tidak mengganggu jalannya laga, setiap tim hanya punya tiga kali kesempatan untuk pergantian pemain; pergantian pemain bisa dilakukan di jeda babak.”

IFAB memaastikan aturan itu hanya berlaku hingga Desember 2020 dan akan kembali semula pada awal tahun 2021. Selain itu, selama periode darurat ini, aturan VAR akan ditiadakan dulu.

“Sehubungan dengan aturan VAR yang dipakai di setiap kompetisi, maka mereka diizinkan untuk tidak memakainya dulu sesuai kebijakan masing-masing operator kompetisi.

Namun, jika VAR digunakan, maka aturan yang berlaku terkait VAR tetap dipakai dan tidak ada perubahan. (Red)