Jadi Mata-Mata Asing ,Seorang Jenderal Di hukum Mati

Internasional

KORANBOGOR.com,PAKISTAN-Seorang jenderal Pakistan telah divonis hukuman penjara seumur hidup oleh pengadilan militer atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata. Pengadilan itu juga menjatuhkan hukuman mati pada seorang brigadir dan pejabat sipil atas tuduhan yang sama.

Pernyataan militer Pakistan yang dilansir BBC, Sabtu (1/6/2019), menyebutkan, ketiganya didakwa atas tuduhan kegiatan mata-mata dan membocorkan “informasi sensitif kepada badan asing”. Ditambahkan juga bahwa Pimpinan Angkatan Bersenjata, Jenderal Qamar Javed Bajwa mendukung hukuman terhadap ketiga terdakwa.

Militer tidak mengungkapkan untuk mereka melakukan kegiatan mata-mata atau informasi apa yang dibagikan.

Namun sebagian besar pengamat akan menunjuk ke CIA, dinas intelijen Amerika Serikat, negara yang memiliki memiliki sejarah panjang kerja sama militer dengan Pakistan dan para perwira sering melakukan kontak.

Letnan Jenderal Javed Iqbal (purnawirawan) akan menjalani 14 tahun “hukuman penjara yang berat” – hukuman seumur hidup di Pakistan. Koresponden BBC Pakistan mengatakan jarang ada orang berpangkat senior seperti itu dihukum karena memata-matai di Pakistan.

Letjen Iqbal memegang posisi kunci di militer selama dinas aktifnya, termasuk direktur jenderal operasi militer, yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan semua operasi di dalam dan di luar Pakistan.

Dia juga memegang jabatan ajudan jenderal, yang mengawasi disiplin dan akuntabilitas dalam pasukan.

Dua terdakwa lainnya, Brigadir Raja Rizwan (purnawirawan) dijatuhi hukuman mati, demikian juga Wasim Akram, seorang dokter yang bekerja untuk organisasi “sensitif” yang belum disebutkan namanya.

Tidak jelas apakah para perwira di atas pangkat brigadir di masa lalu telah dihukum karena melakukan kegiatan mata-mata untuk negara lain, tetapi beberapa pejabat senior telah dihukum karena merencanakan kudeta militer atau karena berhubungan dengan kelompok-kelompok militan.(Red))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.