Liga Primer Inggris : Nanti Malam,Arsenal VS Manchester City

Internasional Olahraga

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Laga pekan ke-25 Liga Primer inggris pada Minggu (21/2) malam nanti akan diwarnai pertarungan antara tuan rumah Arsenal melawan pemuncak klasemen Manchester City.

Manchester City sejauh ini tak terkalahkan dan meninggalkan lawan-lawan utamanya di puncak klasemen dengan nilai 56 dari 24 pertandingan. Sedangkan Arsenal masih terseok di peringkat 10 papan tengah klasemen dengan 34 pin dari 24 laga.

Peruntungan kedua tim musim ini sangat berbeda. Dikutip dari Tempo.coManchester City mampu memenangi 17 pertandingan di berbagai kompetisi, termasuk 12 di Liga Inggris. Kini mereka menempati posisi puncak klasemen dengan nilai 56, unggul 10 poin dari Manchester United di posisi kedua. Arsenal tak sekonsisten The Citizens. Mereka baru menang 10 kali dari 24 laga yang dijalaninya. Pekan lalu mereka menang 4-2 atas Leeds United, sekaligus bangkit dari dua kekalahan beruntun. Tim asuhan Mikel Arteta itu menempati posisi ke-10 klasemen dengan nilai 34.

Manchester City mendominasi enam pertemuan terakhir melawan Arsenal. Mereka menang lima kali dan hanya kalah sekali. Laga terkini kedua tim, pada 22 Desember 2020, dimenangi Man City 4-1.

Tak banyak pemain absen dari kedua tim. Di tim Arsenal hanya Thomas Partey yang kondisinya meragukan. Sedangkan Man City kehilangan Nathan Ake yang cedera dan masih menanti kondisi Ilkay Gundogan yang sedikit cedera.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, adalah mantan asisten Pep Guardiola di Man City.  Arteta ditunjuk sebagai manajer Arsenal pada Desember 2019 setelah bersama Guardiola mengantarkan City memenangkan dua gelar juara Liga Premier, satu Piala FA, dan dua Piala Liga.

Musim lalu Arteta mengantarkan Arsenal mencatat rekor gelar Piala FA yang ke-14, tapi saat ini mendapat tekanan berat karena performa di Liga Inggris.

Arsenal hanya menang satu kali dalam lima pertandingan terakhir mereka, tapi Guardiola mengatakan hasil baru-baru ini tak mencerminkan performa penuh klub itu.

“Dalam dua bulan terakhir setiap pertandingan yang dimainkan, Arsenal lebih baik dari lawannya. Kami bermain demi hasil dan kadang Anda kalah, Anda tak bisa mengendalikanya,” kata dia seperti dikutip Reuters. “Di masa depan, mereka akan menjadi pesaing nyata dalam merebut gelar.”

Di kubu Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette menjadi yang tertajam dengan torehan 8 gol. Top skor sementara di Man City adalah Ilkay Gundogan dengan 11 gol, disusul Raheem Sterling dengan 8 gol.

Untuk urusan assistArsenal memiliki Emile Smith Rowe yang sudah memberi 4 umpan berbuah gol. Pemain Manchester City, Kevin de Bruyne, menjadi pemberi assist terbanyak yakni 10.

Perkiraan Susunan Pemain

Arsenal: Leno; Bellerin, Holding, Luiz, Tierney; Ceballos, Xhaka; Saka, Smith Rowe, Aubameyang; Lacazette.

Manchester City: Ederson; Cancelo, Stones, Dias, Zinchenko; De Bruyne, Rodri, Gundogan; Mahrez, Sterling, Foden.