Program Hibah BLSN: Dr Suparman Presentasikan Hasil Riset di London

Internasional Kampus Kita

KORANBOGOR.com,LONDON — Dr Suparman, M.Si, DEA, Dosen Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, mempresentasikan hasil penelitiannya di The 2nd International Conference on Science & Technology Research (ICSTR).  International conference yang diselenggarakan oleh Scientific & Technical Researh Association (STRA) ini, berlangsung di Canada Water Theatre and Library, 21 Surrey Quays Road, London, United Kingdom (UK), Kamis-Jumat (12-13/9/2019). 

Dalam international Conference ini, Suparman yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi MPMAT PPs UAD Yogyakarta, menyampaikan makalah ilmiah berjudul “Reversible Jump MCMC to Estimate a Piecewise Constant Model with Gamma Multiplicative”. 

Topik penelitian yang dipresentasikan Dr Suparman, MSi, DEA itu merupakan pemodelan sinyal dari fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari. “Salah satu aplikasi dari pemodelan sinyal ini adalah untuk pengenalan pola dan prediksi dari suatu data,” terang Dr Suparman, MSi, DEA, Jum’at (13/9/2019), melalui surat elektronik.

Keikutsertaan Dr Suparman, MSi, DEA dalam international conference itu, tidak terlepas dari hibah Bantuan Seminar Luar Negeri (BLSN) dari Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (Ditjen Risbang), Kemenristekdikti. 

Menurut Suparman, kali ini hibah yang ke empat yang pernah diterimanya selama beberapa tahun terakhir ini. Di samping itu, Suparman juga mendapatkan tambahan dana dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta sebagai bentuk apresiasi kepada setiap dosennya yang berprestasi dalam memperoleh hibah dari luar institusi. 

Dijelaskan Suparman, program hibah BLSN ini bertujuan memberi bantuan biaya seminar luar negeri kepada dosen untuk mendiseminasikan hasil penelitiannya.

“Agar reputasi dosen Indonesia meningkat di forum temu ilmiah bereputasi internasional,” papar Suparman. 

Setelah seminar, dikatakan Suparman, penerima hibah BSLN wajib mempublikasikan hasil penelitiannya itu ke dalam jurnal internasional. 

Kali ini, Suparman sangat gembira. Oleh karena makalahnya termasuk yang terpilih untuk dipublikasikan di jurnal bereputasi internasional “Mathematics and Statistics” yang terindeks oleh Scopus. 

Bagi Suparman, dampak lain dari pemberian hibah ini adalah rintisan jejaring dengan universitas di luar negeri.

“Mengingat international conference tersebut diikuti oleh para peserta dari berbagai negara,” pungkas Suparman. (affan)Attachments area