Toyota Corolla Cross Versi SUV Meluncur Di Thailand

Internasional Otomotif

KORANBOGOR.com,THAILAND-Toyota Motor Corporation akhirnya resmi mengumumkan, peluncuran global Corolla versi sport utility vehicle (SUV) di Thailand, pada Kamis (9/7). Corolla Cross rencananya akan dijual juga di sejumlah pasar berkembang lainnya.

Corolla Cross hadir dalam dua versi mesin, yakni hybrid 1.800 cc dan bensin 1.800 cc, dibangun menggunakan platform All New Corolla jenis sedan yang sudah hadir di Indonesia.

“Ini adalah produk baru dalam kategori baru yang belum pernah dimiliki Toyota sebelumnya di segmen SUV, dan Thailand adalah negara pertama di dunia yang memperkenalkan All New Corolla Cross,” ujar Presiden Toyota Motor Thailand Company Ltd, Michinobu Sugaata dalam keterangan resminya, Kamis (9/7).

Corolla yang sebelumnya berdesain sedan dan hatchback, kini memiliki desain ektserior dan dimensi yang berbeda. Sebagai SUV tentu Corolla Cross memiliki ground clearance yang lebih tinggi, tampang depannya lebih berotot dan sporty sekilas mirip RAV4.

Bentuk grillnya agak mirip Outlander Sport versi lawas, namun lebih datar dengan jaring model sarang lebah. Lekukan bumper membuat wajahnya berotot, yang dipadukan bodi molding berwarna hitam, lampu depan serupa dengan C-HR.

Tapi jika diperhatikan, bentuk headlamp Corolla Cross lebih panjang, dan di dalamnya tertanam DRL (Daytime Running Light) model alis dengan penerangan utama projektor LED. Sementara lampu kabutnya terpisah di bawah bumper.

Bagian samping, bodinya cukup gemuk berkat lekukan menonjol di atas fender depan dan belakang. Untuk menegaskan kesan crossover, tak ketinggalan over fender berbahan plastik disematkan, sementara velg tersedia 3 model berukuran 18 inci.

Sektor belakang, desain bagasi belakangnya sangat seksi dengan lekukan garis yang tidak terlalu berlebihan. Lampu belakang untuk pengereman, sein, dan lampu mundur menyatu dengan tambahan reflektor hingga bodi samping.

Menambah kesan sporty dibenamkan spoiler, dan diffuser sewarna bodi. Bagian atap terdapat roff rail, dan kaca berukuran sedang sebagai panoramic. Mengingat Corolla Cross hanyaditawarkan versi Hybrid maka lingkaran logo Toyota diberikan aksen biru.

Kesan mewah terpancar di dalam kabin, dashboard dan door trim dipadukan warna merah terra rossa dengan hitam. Sementara kursi depan dan baris kedua dibungkus bahan semi kulit berwarna terra rossa, yang bisa diatur elektrik untuk pengemudi.

Untuk kenyamanan di dalam mobil, sitem hiburannya dibekali head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang terkoneks dengan Apple CarPlay dan T-Connect. Pengatur AC otomatis yang menyesuaikan kondisi cuaca dengan kontrol dua zona, dan kabel USB pada bagian depan dan belakang.

SUV yang dapat menampung 5 penumpang itu memiliki kapasitas bagasi hingga 487 liter, jika kursi baris kedua dilipat. Menariknya sama dengan Fortuner bar di Thailand, untuk membuka bagasi belakang hanya mengayunkan kaki, berkat fitur activated kick sensor.

Sistem keamanannya sudah didukung Toyota Safety Sense, yang di dalamnya meliputi fitur pencegah tabrakan, peringatan keluar jalur dengan steering assist. Lalu ada dynamic radar cruise control, lane tracing assist, automatic high beam, blin spot, dan 7 airbags

Jantung pacunya menggabungkan mesin berbahan bakar bensin 1.800cc dengan motor listrik hybrid generasi keempat. Sehingga mobil tersebut bisa berjalan lebih jauh tanpa menggunakan bensin saat memilih menu beerkendara electric vehicle.

Untuk konsumsi bahan bakarnya Toyota mengklaim rata-rata 23,3 kilometer per liter jika bekerja bersama motor listriknya dengan emisi gas buang 98 gram per km. Namun kalau hanya mesin bensinnya saja yang bekerja konsumsi bbm-nya 15,4 km per liter dengan emis 150 gram per km.

Corolla Cross Hybrid ditawarkan 3 varian dengan 7 warna, yakni metal strea, metallic, attitude black mica, platinum white pearl, graphite metallic, red mica metallic, celestite gray metallic, dan nebula blue. Untuk mendapatkan warna platinum white perl ada biaya tambahan 10 ribu Baht atau Rp4,6 juta.

Soal harga, Corolla Cross dibanderol mulai 989.000 baht atau setara Rp 457 jutaan (tipe 1.8 Sport) sampai 1.199.000 baht atau setara Rp 551 jutaan (tipe 1.8 Hybrid Premium Safety). (Red)