5 Bahan Alami yang Ampuh Turunkan Berat Badanmu!

Bogor Now Kampus Kita

KORANBOGOR.com– Berbagai macam cara dilakukan untuk mengatasi masalah berat badan. Mulai dari melakukan rangkaian olahraga, berkonsultasi pada dokter, mengonsumsi obat penurun berat badan bahkan sampai menahan rasa lapar dengan tidak makan.

Kamu juga perlu memperhatikan cara diet agar tidak berisiko terjangkit penyakit, dengan mengonsumsi obat-obatan diet biasanya memiliki efek samping tertentu.

Oleh karena itu Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai ramuan untuk menurunkan badan, tentu saja dibutuhkan konsistensi dan komitmen dalam menjalankan diet sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. 5 bahan-bahan alami berikut ini memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan yang koranbogor.com telah rangkum.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang sering ditemui. Jahe sering digunakan sebahai bahan masakan. Selain bahan masakan, jahe sudah dikenal sebagai salah satu obat herbal tradisional.

Jahe memiliki rasa yang pedas mampu membuat tubuhmu menjadi hangat. Kandungan termal yang dimiliki jahe dapat menghangatkan tubuh, meningkatkan metabolism, dan membantu pembakaran lemak

Jahe efektif untuk menurunkan berat badan, mengontrol nafsu makan, dan mengurangi lemak berlebih pada perut buncit. Jahe bisa membantu pembakaran lemak lebih cepat.

Meminum air jahe membantu mengeluarkan keringat dalam tubuh.Air jahe juga bisa memperlancar kesehatan saluran pencernaan Anda menjadi lebih sehat, serta dapat menyerap sari-sari makanan dengan optimal.

Cara tradisional menurunkan berat badan dengan ramuan jahe ini mudah sekali dilakukan, yaitu dengan merebus 1 buah rimpang jahe dengan 2 gelas air,kemudian rebus hingga mendidih dan minumlah dalam keadaan hangat.Sebaiknya, ramuan jahe ini diminum sebelum tidur pada malam hari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal

  1. Lemon

Lemon menjadi salah satu alternatif yang membantu menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan tubuh, dan bisa membuat buang air besar secara teratur.Kandungan Vit C yang sangat tinggi dalam Lemon dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan juga menurunkan berat badan secara cepat dan drastis. Lemon bermanfaat selain rasanya yang menyegarkan tetapi baik untuk kesehatan tubuh. Lemon berguna sebagai detoks tubuh dari racun-racun yang tersisa di dalam tubuh.

Mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari menghindarkan tubuhmu dari obesitas atau kelebihan berat badan. Konsumsi air perasan lemon dan segelas air hangat 3 hari sekali sebelum makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Teh Hijau

Teh hijau sebagai teh yang memiliki banyak manfaat mulai dari menstabilkan gula darah, berguna untuk kesehatan jantung, mempercepat pemulihan luka sampai melancarkan sistem pencernaan manusia.

Teh hijau memiliki tingkat antioksidannya delapan kali lebih kuat dari vitamin C dan zat-zat lain, kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral dalam teh hijau bisa membakar kalori sebanyak 70-100 kalori per hari.

Oleh karena itu dengan mengonsumsi the hijau sangatlah ampuh untuk menurunkan berat badan. Minumlah teh hijau dua sampai enam kali sehari dengan takaran yang tepat sehingga ia dapat bekerja secara efektif di dalam tubuh. Teh hijau yang dikonsumsi selama periode 12 minggu dapat mengurangi rata-rata 1,3 kilogram.

  1. Kayu Manis

Selain berguna untuk kesehatan seperti membantu mengobati penyakit jantung dan diabetes, mengonsumsi air kayu manis secara rutin juga dapat menurunkan berat badan dan memperlancar metabolisme. Kehadirannya telah digunakan sejak lama untuk memerangi obesitas. Air rebusan kayu manis bisa juga dikonsumsi bersamaan dengan madu dan perasan lemon sebagai campurannya, minumlah ramuan ini sekali sehari dalam keadaan perut kosong untuk hasil yang maksimal.

  1. Cuka Apel
Cuka Apel: Manfaat, Efek Samping, dan Cara Pakainya Halaman all - Kompas.com

Sari cuka apel memang mempunyai banyak khasiat. Ada yang menggunakannya untuk mengatasi jerawat, ketombe, dan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, pencernaan, menurunkan kadar gula darah, selain itu juga membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi dua sendok makan cuka apel per harinya bisa menurunkan berat badan rata-rata 1,67 kilogram. Namun perlu diingat bahwa dalam mengkonsumsinya harus sesuai takaran yang dianjurkan, karena kadar asam yang tinggi bisa merusak enamel gigi apabila terlalu banyak dikonsumsi.

Cara menggunakannya yaitu dengan campurkan air hangat secukupnya dengan 2 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan madu murni, perpaduan ini dianggap paling pas dikarenakan fungsi cuka yang membantu menghancurkan makanan di dalam usus, dan madu yang dapat mengurangi lemak di tubuh, kemudian diminum di pagi dan sore hari.

Penulis: Rifka Safira