Alternatif Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19

Bogor Now Kampus Kita

Oleh : Ayuni Sri Utami,Mahasiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pembelajaran pada masa pandemi ini tidak memungkinkan kita untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara langsung atau yang biasa disebut dengan pembelajaran Daring (dalam jaringan) dimana pembelajaran dilakukan melalui sebuah aplikasi yang terkoneksi ke
internet.

Dimasa pandemi ini banyak sekali aplikasi atau platform yang bisa digunakan sebagai media dalam kegiatan belajar mengajar. Berikut beberapa aplikasi atau platform yang bisadigunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan cenderung mudah dalam mengoperasionalkannya, diantaranya whatsapp, zoom, google meet, google classroom, dan lain- lain.

Aplikasi zoom dan google meet adalah aplikasi yang proses penggunaannya sama yaitu pada aplikasi tersebut guru bisa bertatap muka langsung dengan siswanya dari jarak jauh dengan menggunakan konferensi video dan dalam penyampaian materi, guru bisa menampilkan langsung materi yang ingin disampaikan dengan cara share screen atau membagikan layar serta penggunaannya pun mudah.

Selain zoom dan google meet, yang sering digunakan guru dalam
menyampaikan materi pelajaran adalah google classroom dan whatsapp. Google classroom mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, tetapi google classroom tidak seperti zoom dan google meet yang bisa bertatap muka secara virtual, dalam penyampaian materinya hanya berupa file tertulis.

Guru membagikan materi pelajaran dan tugas dengan membagikan file baik berupa word, power point, pdf, dan lain sebagainya.
Dalam penggunaan aplikasi belajar ini, sebaiknya orang tua ikut berperan aktif baik dalam mendampingi sang anak saat belajar maupun mengawasi anak ketika menggunakan gawai dan internet, terutama untuk siswa tingkat sekolah dasar yang pemahaman masih cukup rendah
mengenai ilmu teknologi.

Kerjasama guru dan orang tua dalam proses pembelajaran jarak jauh
ini sangat mempengaruhi perkembangan belajar anak.