Bank Sampah Dusun Krajan & Dusun Piyudan

Kampus Kita

KORABOGOR.com,TEMANGGUNGBank sampah merupakan salah satu program multidisiplin mahasiswa KKN II Undip di desa Padureso Temanggung, tepatnya di dusun Piyudan. Kegiatan ini sudah terlaksana di dusun Krajan 1, tepatnya di rt 09. Dan pertama kali dilakukan di dusun Piyudan sebagai program multidisiplin.

Kegiatan bank sampah biasanya dilakukan setiap satu bulan sekali. Dimulai dengan masyarakat membawa barang-barang yang sudah mereka kumpulkan selama sebulan lamanya kemudian dibawa ke rumah kepala desa Padureso. Setelah itu dilakukan proses penimbangan yang dilakukan oleh seorang pengepul dan disaksikan oleh warga desa. 

192938.jpg

Barang yang biasa dijual antara laian adalah kardus, plastik, kertas serta besi. Harga perkilonya sendiri adalah, kardus Rp 1.200/kg, plastik Rp 2.300/kg, kertas Rp 2.400/kg serta besi Rp 3.200/kg. Uang hasil penjualan bank sampah sendiri hanya dapat diambil satu kali, yaitu ketika menjelang lebaran tiba.

192916.jpg

Rabu, 24 Juli 2019 telah dilakukan penyuluhan mengenai bank sampah di dusun Piyudan. Mulai dari barang-barang apa saja yang bisa dijual kembali, hingga pembentukan kader bank sampah di dukuh Piyudan. Kemudian Minggu, 28 Juli 2019 tepatnya pada pukul 16.00 warga dukuh Piyudan berlatih melakukan kegiatan bank sampah di rumah Ibu Kadus. 

Warga sangat berantusias, sehingga mereka rela menunggu datangnya kami mahasiswa KKN II Undip 2019 bersamaan dengan pengepul barang bekas. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan Bank Sampah khusunya di dusun Piyudan dapat merubah pola fikir masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan bisa membuat masyarakat memanfaatkan barang-barang bekas sehingga bisa menghasilkan uang tambahan bagi mereka.