Belajar Mandiri Dirumah Saat Ketinggalan Pelajaran

Kampus Kita

KORANBOGOR.,com,YOGYAKARTA-Sebagai seorang pelajar kadang kita tidak bisa masuk sekolah karena sakit atau ada keperluan yang mungkin tidak bisa ditinggalkan,dan akibatnya kita menjadi ketinggalan pelajaran pada saat kita tidak hadir di sekolah,maka dengan demikian kita harus mengejar ketinggalan pelajaran pada saat itu. 

inilah beberapa cara belajar mandiri dirumah saat ketinggalan pelajaran;

  1. Membuat Jadwal
    Buatlah  jadwal belajar yang menurut anda waktunya pas. Jadwal belajar akan   memastikan anda untuk belajar secara rutin. Jadwal belajar akan membantu anda mengatur waktu untuk melakukan kegiatan harian tanpa meninggalkan aktivitas belajar.

2. Tanamkan Sikap Disiplin Pada Diri Sendiri

Disiplin sangat penting untuk diterapkan dalam mencapai kesuksesan termasuk dalam hal belajar.  Dengan disiplin, maka anda tidak akan melewatkan waktu belajar sesuai dengan jadwal yang telah anda tentukan. Disiplin juga membantu anda terhindar untuk melakukan hal lain pada saat jam belajar anda.

3. Memilih Waktu Belajar Yang Tepat
Pilihlah waktu belajar yang tepat dimana anda memiliki kesempatan untuk berkonsentrasi secara maksimal.Hindari belajar setelah berolah raga,saat akan tidur,sehabis bekerja,atau kondisi lainnya yang dapat mengurangi konsentrasi belajar.

4. Menemukan Metoda yang Mudah
 Temukan cara yang yang paling mudah dan nyaman bagi anda dalam mempelajari suatu pelajaran misalnya dengan menggunakan kartu hapalan, membuat ringkasan dan  menggunakan rekaman.

5. Menciptakan Lingkungan yang Mendukung
 Aktivitas belajar akan efektif  jika anda dapat berkonsentrasi dengan baik. Kenyamanan lingkungan akan mempengaruhi konsentrasi belajar. Ciptakan tempat belajar yang nyaman, cukup cahaya dan jauh dari kebisingan.

6. Memiliki Motivasi Belajar
 Anda akan lebih bersemangat dalam melakukan suatu aktivitas jika anda memiliki motivasi yang cukup.Kumpulkan motivasi anda,bila perlu tulis dan tempelkan di dinding kamar.Banyak orang sukses dalam menekuni sesuatu karena motivasi yang kuat seperti ingin mencapai cita-cita,tidak ingin mengecewakan orangtua dan membuktikan kemampuan diri.

7. Lakukan Secara Bertahap
 Jangan belajar secara berlebihan.Belajarlah secara bertahap sedikit demi sedikit. Hal ini akan lebih meringankan kerja otak dan tidak menyebabkan rasa cepat bosan.

8. Miliki Target
Memiliki target dalam belajar akan membantu anda supaya dapat belajar secara runtut dan tidak berlebihan.Target belajar misalnya, membaca 3 halaman,mengerjakan 3 soal dan meringkas satu topik.

9. Upayakan Berkonsentrasi
Anda akan dapat belajar dengan efektif jika memilki konsentrasi yang baik. Jangan sesekali melihat HP,menghidupkan TV atau melakukan aktivitas lain yang tidak perlu di tengah kesibukan belajar.Hal ini dapat membuyarkan konsentrasi belajar anda atau bahkan dapat membuat anda asyik dengan aktivitas lain.

10. Pelajari Secara Berulang
Belajar yang efektif adalah sedikit demi sedikit tetapi harus rajin mengulang pelajaran sebelumnya.Pengulangan akan memperkuat daya ingat khususnya dalam mempelajari mata pelajaran yang memerlukan kemampuan daya ingat.

Demikianlah tips yang bisa saya bagikan,semoga dapat bermanfaat,kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

(Red/ Nama Rahayu sofiana (2018015367) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )