Cara Menciptakan Pengajaran yang Asik Untuk Anak SD

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Menjadi guru SD merupakan hal yang tidak mudah dalam usia dini anak-anak SD lebih suka bermain dibandingkan berlama-lama belajar.

Sekalipun guru sedang menerangkan, mayoritas dari anak-anak pasti sibuk sendiri. Hal tersebut pasti sangat berpengaruh pada prestasi belajar mereka di kelas. Untuk itu guru harus bisa membuat hal yang asik saat dalamĀ  proses pembelajaran agar anak-anak tidak mudah merasa bosan.

Yang harus guru lakukan pada saat sedang mengajar di kelas yaitu bagaimana caranya guru bisa mengaplikasikan hal tersebut dengan cara berikut:

  1. Guru Harus Bisa Membuat Suasana Ruangan Kelas yang Berbeda 

Biasanya suasana ruangan kelas yang sering kita temukan pasti posisi duduk murid yaitu dengan posisi meja guru di depan dan kursi, meja murid di susun sejajar membentuk persegi.

Dengan suasana seperti ini pasti anak-anak akan merasa bosan, karena tidak ada yang menarik dan menyenagkan di dalam kelas. Karena melihat ruangan kelas begitu-begitu saja.

Dengan hal tersebut guru harus bisa membuat hal yang menarik di dalamĀ  kelas agar tidak terlihat membosankan dan agar dapat menarik semangat anak-anak untuk belajar.

Misalnya guru mencoba merubah posisi meja dan kursi murid menjadi duduk berkelompok ataupun mengubah posisi kursi dan meja melingkar dan dengan di tambahkan menghias ruangan kelas agar menjadi lebih menarik.

Dan juga mencoba memberikan sebuah pertanyaan untuk murid dan jika ada siswa yang mampu atau berani memberikan jawaban maka guru akan memberi apresiasi kepada murid tersebut dengan memberikan premen, makanan atau nilai tambahan.

  1. Guru Tidak Boleh Pilih Kasih

Terkadang guru lebih cenderung memperhatikan murid yang pintar di bandingkan murid yang tidak pintar. Jika guru melakukan hal tersebut pasti murid yang tidak pintar akan merasa kesulitan untuk mendapatkan ide ataupun memberikan sebuah pendapat. Murid tersebut akan malas, kurang percaya diri di dalam kelas dan akhirnya pasti memilih untuk diam saja. Jadi guru tidak boleh melakukan hal tersebut karena akan membuat si anak kesulitan belajar dan si anak tidak akan memiliki semangat untuk belajar lagi.

  1. Memancing Ide Pada Anak

Dengan cara tersebut akan melatih anak untuk mendengarkan orang lain, dan memiliki keberanian untuk belajar, lebih terbuka pada perbedaan pendapat, karena hal tersebut akan menjadi bekal saat berinteraksi dengan orang lain, baik itu orang tua, teman ataupun masyarakat pada umumnya.

Tidak sulit bukan melakukan cara di atas, dengan cara tersebut dapat membantu anak dalam belajar dengan senang dan penuh semangat. Tentu hasilnya akan mereka dapatkan juga akan lebih baik dan efektif.

( Red/Yuni Lestari,NIM : 2018015344,Asal Kampus : Universitas Srjanawiyata Tamansiswa )