Cara Menyikapi Siswa SD

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Anak pada usia SD adalah anak yang masih dalam rentang usia dini.Pada masa ini anak masih sangat nurut terhadap gurunya, jadi pada usia ini merupakan masa yang sangat penting bagi anak.

Oleh karena itu, pada masa ini potensi anak harus didorong penuh atau disuport sehingga potensi anak dapat berkembang dengan baik. Berikut cara untuk menyikapi siswa SD dengan baik.

Cara yang pertama guru harus dapat memperhatikan prinsip belajar anak. Pada pengembangannya anak usia sekolah dasar cenderung suka bermain, maka dari itu sebagai guru seharusnya menciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa tidak mudah bosan serta sesekali guru menggunakan prinsip pembelajaran game.

Selain itu murid terkadang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan cara mengembangkan potensi tersebut dengan praktikum pada pembelajaran IPA dengan praktik hal yang sederhana sesuai materi yang diajarkan.

Cara berikutnya guru harus dapat memahami perbedaan kemampuan anak SD. Sejatinya guru harus menyadari bahwa kemampuan peserta didik itu berbeda-beda dan setiap anak pasti memiliki kecerdasan masing-masing.

Anak yang cerdas biasannya akan memanfaatkan lingkungannya dengan cara beradaptasi terhadap lingkungannya atau menyesuaikan peran dirinya pada lingkungan tersebut. Peran guru dalam menyikapi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara :

  • Tidak membandingkan siswa yang satu dengan lainnya.
  • Memperbanyak pengalaman untuk membentuk cara berpikir siswa.
  • Memberikan tugas kepada siswa yang bervariasi juga menantang.
  • Menggali potensi siswa dan mengembangkannya 
  • Menghargai pendapat yang diajukan siswa.
  • Membangun lingkungan belajar yang fleksibel dimana siswa bebas membuat pilihan dan melakukan sesuai minat pribadi.
  • Melakukan evaluasi untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa dan terus mengembangkannya.

Cara yang terakhir yaitu berikan apresiasi atau pujian. Memberikan pujian merupakan salah satu cara untuk membangkitkan semangat anak yang telah mencapai sesuatu.

Memberikan pujian tidak hanya semata-mata memberikan pujian akan tetapi ada sesuatu perbuatan positif yang memang pantas atau diperlukan dan demi kebaikan siswa yang bersangkutan.

(Red/Penulis; Akmhad Filda Farik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )