Dampak Pembelajaran Dalam Jaring (Daring) Pada Masa Pandemi Covid 19

Bogor Now Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pada masa pandemi Covid 19 ini Dunia sedang tidak aman. Karena Covid 19 merupakan penyakit yang dapat mematikan dan penyebaran Covid 19 sangatlah mudah.

Sehingga banyak kegiatan seperti belajar disekolah ditiadakan diganti dengan belajar Dalam Jaringan (Daring) yang pelaksanaanya dilaksanakan dari rumah masing-masing.

Tujuan pembelajaran Daring adalah mengurangi aktivitas berkelompok yang bisa saja menjadi claster penyebaran Covid 19. 

Pada masa pandemi ini banyak problem yang terjadi saat kegiatan belajar Daring berlangsung diantaranya siswa tidak memiliki Smartphone, siswa tidak mengetahui cara menggunakan Smartphone, dan jaringan internet yang tidak mendukung dibeberapa daerah,  

Di masa pandemi saat ini proses belajar mengajar dilaksanakan melalui Daring. Sehingga terdapat siswa sekolah yang menyepelekan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi ini.

Siswa beranggapan belajar secara Daring tidak bertatap muka langsung dengan guru yang menyebabkan siswa belajar semau mereka.

Contoh dari menyepelakan kegiatan belajar adalah dengan tidak mengikuti kegiatan belajar dengan sungguh-sungguh, mengerjakan tugas  dengan bantuan orang lain atau bahkan orangtuanya yang mengerjakan tugas tersebut, tidak mengumpulkan tugas yang sudah diberikan guru. 

Pada masa pandemi saat ini memunculkan beberapa kebiasaan buruk siswa. Contoh kebiasaan buruknya seperti pada hari-hari sebelum masa pandemi seperti saat ini siswa terbiasa bangun pagi untuk bersiap-siap sekolah namun pada masa pandemi karena pembelajaran dilakukan secara Daring banyak murid yang bangun siang.

Contoh lain dari kebiasaan buruk siswa pada masa pandemi adalah sebelum masa pandemi siswa belajar saat akan melaksanakan ujian namun saat masa pandemi saat ini banyak yang tidak belajar saat akan melaksanakan ujian karena banyak murid yang beranggapan saat ujian Daring dapat melihat buku dan melihat internet sehingga tidak memerlukan belajar.

Selain berdampak negatif kegiatan belajar Daring juga dapat membawa dampak positif diantaranya ialah murid-murid memiliki lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga.

(Red/ Nama: Kusna Wulan Ramadhani,NIM: 2019015147,Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yohyakarta)