FKM UAD Yogyakarta Gelar Pelatihan First Aid dan Basic Fire Fighting

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA– Dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan sebagai bentuk dari implementasi nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Yogyakarta, digelar pelatihan first aid dan basic fire fighting pada 27-28 juli 2019 di Kampus 3 dan Kampus 4 UAD Yogyakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini diadakan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Dan dalam pelatihan ini, mahasiswa dibekali dengan teori dan praktik oleh Ruri Nugroho dari PMI dan M Farid dari Damkar.Secara garis besar, materi first aid yang diberikan adalah: pengantar pertolongan pertama, anatomi dan fisiologi dasar, pengkajian situasi, bantuan hidup dasar, shock dan perdarahan, cidera, luka bakar, pemindahan dan teknik mengangkat.

Sedangkan untuk basic fire adalah: teori segitiga api, sistem proteksi aktif dan pasif serta emergency respons.Seperti dijelaskan Rifai, Ketua Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja FKM UAD,

selain pelatihan first aid dan basic fire, FKM UAD Yogyakarta juga akan melaksanakan pelatihan sertifikasi ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk umum dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan pelatihan safety awereness. Sehingga, lulusan FKM UAD Yogyakarta selain mendapatkan ijazah, juga akan mendapatkan 13 sertifikat kompetensi dan pendamping ijazah. (Affan)