HIDUP SEHAT ALA MAHASISWA

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Tak dapat dipungkiri jika kebanyakan mahasiswa adalah anak kos,bukan karena didaerah asalnya tidak ada perguruan tinggi namun bisa jadi kuliah keluar daerah untuk mendapatkan pengalaman baru sehingga harus terbiasa hidup mandiri dikos.

Nah kali ini saya akan berbagi beberapa tips hidup sehat dikos ala mahasiswa yang kadang tidak perduli dengan kesehatan dirinya bisa jadi karena banyak tugas ditambah jauh dari orang tua jadi segala sesuatu harus dikerjakan sendiri.

  1. Pola Makan yang Teratur

Sebagai anak kos biasanya sangat sulit untuk menjaga pola makan yang teratur sehingga berdampak buruk kepada kesehatannya,oleh karena itu untuk mencegah penyakit datang kita harus bisa mengatur pola makan yang baik yaitu tiga kali dalam sehari : pagi hari sebelum beraktivitas,siang hari saat istirahat, dan malam hari sebelum jam delapan malam.

Biasanya yang paling berat itu untuk sarapan karena buru-buru pergi ke kampus, tips dari saya untuk sarapan tidak perlu dengan nasi cukup dengan roti atau minum susu dan teh agar perut kita terisi itu sudah cukup karena sarapan juga berpengaruh pada daya konsentrasi kita ya teman-teman,selain itu hindari makan makanan yang instan seperti mie dan jajanan lain yang kurang baik untuk kesehatan ya.

  1. Istirahat dengan maksimal

Mungkin teman-teman akan berfikir bagaimana bisa beristirahat sementara tugas ngantri kayak di SPBU, itu juga yang menjadi permasalahan saya saat ingin beristirahat dengan puas ingin tidur tapi tugas numpuk.

Jadi tips dari saya adalah manfaatkan waktu untuk beristirahat sebaik mungkin, itu perlu karena sebagai mahasiswa kita juga memiliki tanggung jawab tugas yang harus diselesaikan walaupun sampai larut malam,nah biasakan tidak membuang waktu istirahat kita yang kurang itu tadi misalnya kita mengerjakan tugas sampai jam satu malam setelah itu ya langsung tidur jangan malah dilanjut main game sampai subuh,hayo siapa yang biasanya suka main game sampai subuh diubah ya pola istirahatnya.

  1. Sempatkan Untuk Olahraga

Inget ya jangan Cuma mengasah otak kita saja tapi tubuh kita juga perlu dilatih dengan berolahraga, olahraga secara rutin sangat perlu untuk kesehatan tubuh kita. Setidaknya dua kali dalam seminggu kita harus berolahraga tidak harus dengan olagraga yang berat atau harus ke tempat fitnes tapi lakukan saja yang kita mampu, misalnya lari keliling komplek atau dilapangan yang banyak oarang joging siapa tau ketemu jodoh disitu ya gaes.

  1. Rutin Minum Air Mineral

Hal yang kita anggap sepele seperti ini yang harus kita perhatikan ya, tubuh kita sangat memerlukan air mineral untuk dapat beraktivitas dengan maksimal. Agar tidak dehidrasi tubuh kita memerlukan dua liter atau delapan gelas air mineral setiap harinya, bukan berarti kita harus langsung minum dua liter sekaligus ya tapi harus secara berkala misal pagi dua gelas, siang empat gelas, dan malam 2 gelas namun jika aktivitas kita padat dianjurkan untuk minum lebih dari dua liter.

  1. Jangan Malas Bangun Pagi

Biasakan untuk bangun pagi hari agar tubuh kita tidak loyo, pagi hari dapat kita manfaatkan untuk olahraga atau cukup dengan berjalan kaki mencari sarapan pagi sekaligus menghirup udara yang segar dipagi hari.

Nah itu tadi tips-tips yang saya lakukan selama saya hidup didunia per kosan semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman yang sedang kos, sehat itu sangat mahal harga nya jadi selagi kita masih sehat kita harus berusaha menjaganya.

(Red/ Wahyu Ardani mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )