Ketergantungan Dengan Gadget

Kampus Kita

KORABOGOR.com,,YOGYAKARTA-Di zaman ini sudah tidak asing lagi dengan kata gadget. Semua kalangan usia sudah banyak yang mengetahuinya yaitu dari usia anak-anak hingga dewasa. Gadget sekarang sudah menjadi bagian hidup manusia.

Disaat berpergian kemanapun dan melakukan apapun pasti gadget selalu ada dalam kantong, tas ataupun tempat lainnya.

Gadget untuk zaman ini mmang sangat mempermudah manusia dalam melakukakn segala sesuatu dari makanan, transport, bisnis, pendidikan, dan lain-lain. Memang gadget sangat bermanfaat bagi manusia namun, disisi lain gadget juga dapat merugikan diri mausia.

Yaitu jika manusia yang menggunakan gadget dengan tidak baik contohnya pada anak-anak di bawah umur yang bermain game atau sosial media tanpa pengwasan orang tua. Itu dapat menjadi dampak buruk untuk masa depan anak tersebut.

Untuk orang dewasa pun jika menggunakan gadget tidak baik contohnya sosial media, banyak manusia meluapkan segala isi hatinya melalui sisial media. Karena mereka anggap sosial media adalah tempat yang tepat untuk meluapkan segala isi hatinya.

Namun itu sangatlah berbahaya jika dilakukan , karena di sosial media banyak orang yang mengetahuiya jika dalam perkataan yang tidak mengenakan  ataupun terdapat ujaran kebencian akan terkena UU ITE, dan juga bahaya saat menyebarkan berita , jika berita itu tidak benar maka akan menjadi masalah buat orang yang telah menyebarkan berita tersebut, contohnya Hoaxs.

 Sekang manusia sudah banyak tergantung oleh gadget. Di tempat umum yang seharusnya berkomunikasi dengan sekitanya, sekarang menjadi sibuk dengan gadget masing-masing.

Maka menurunlah sosialisasi dari masyarakat tersebut. Sehingga lingkup sosial akan terus menyempit jika selalu tegantung oleh gadget.

Dan dengan hanyak orang-orang itu saja berinteraksi, tanpa mengenal hal baru ataupun orang baru disekitarnya.

Maka untuk menangani ketergantungan gadget pada diri sendiri yaitu dengan berbagai cara antara lain :

  1. Dalam keluarga itu menjadi utama saat dalam bersosialisasi, kepala keluarga lebih memperhatikan anggota keluarganya. Dengan cara mengajak makan bersama keluarga, nonton tv bersama, berdiskusi bersama, dan juga berlibur bersama keluarga. Itu akan membuat keluarga menjadi harmonis dan tidak akan tergantung dengan gadget masing-masing.
  2. Melakukan sosialisasi pada orang sekitar, seperti saat di kendaaraan umum yaitu angkot, bus, kereta. Dan juga pada saat di tempat umum mengajak ngobrol , bertanya-tanya ,dan saling menanggapi.Itu sangatlah penting karena dengan kita bersosialisasi akan mendapatkan informasi baru, teman baru ,dan pula bisa banyak chanel baru pada saat akan berbisnis.
  3. Membantu melakukan pekerjaan rumah untuk para anak-anak, agar dapat terbiasa oleh pekerjaan rumah dan itu sangat membuat orang tua menjadi senang. Itu akan mengurangi bermain gadget terus menerus
  4. Bermain dengan teman-teman sekitar tanpa menggunakan gadget. Sehingga dengan kita bermain yang lain maka akan lupa dengan gadget.

Dengan itu sekarang harus lebih tepat dalam menggunakan gadget agar tidak ketergantung dengan gadget. Lebih memaksimalkan kegunaan gadget dengan kondisi apapun karena itu akan berpengaruh besar terhadap kehidupan sehari-hari.

(red/ Anjani Priccila Saputri )