Mahasiswa Undip Kampanyekan Pentingnya Pendidikan dalam Perencanaan Karir

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,SEMARANG-Pentingnya pendidikan di Indonesia seharusnya dapat mendorong masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sebagai bekal untuk berkarir di masa yang akan datang.

Dari data yang didapatkan dari Kelurahan Bligo, menunjukkan jumlah lulusan yang terbanyak adalah hanya lulusan SMP, yaitu sebanyak 1.495 lulusan SMP dari total penduduk sebanyak 4.192, yang mana banyak yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA maupun Perguruan Tinggi karena juga kurangnya motivasi dari keluarga dan beberapa ada juga faktor ekonomi, sehingga kebanyakan setelah lulus dari SMP, langsung bekerja mengikuti orang tuanya.

Kegiatan yang dilakukan dengan mengadakan campaign “Ayo sekolah sing nggenah!” yang bertujuan untuk menumbuhkan motivasi melanjutkan pendidikan setidaknya 9 tahun pendidikan, mengenalkan dunia perkuliahan, dan memupuk kesadaran pendidikan dapat meningkatkan status sosial.

Kegiatan ini menyasarkan pada pemuda pemudi guna menjadikan mereka sebagai agen perubahan untuk generasi muda selanjutnya.

Kegiatan ini diharapkan para pemuda pemudi dapat meneruskan informasi ini dan memotivasi adik-adik mereka tentang pentingnya pendidikan di Indonesia. Selanjutnya memberikan psikoedukasi tentang pentingya pendidikan, untuk jenjang karir kedepan, dan memberikan beberapa contoh motivasi dari orang-orang sukses, agar dapat termotivasi oleh role model tersebut. 

Mengenalkan Karir dan Perencanaan karir kepada pemuda pemudi Kelurahan Bligo, serta menjelaskan klasifikasi tipe kepribadian pekerjaan menurut Holland, agar mereka mengetahui bakat yang ada didalam diri mereka.

Selain itu, kami juga tidak lupa memberikan Tips untuk menjadi orang yang sukses, serta memberikan tugas perencanaan karir individu dengan menggunakan unsur SMART (Specific, Measureable, Action Oriented, Realistic, Time based) sebagai langkah untuk mengidentifikasikan tujuan yang akan dicapai, serta memberikan motivasi semangat belajar kepada pemuda pemudi Kelurahan Bligo.

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 31 Juli 2019 yang dilaksanakan di kantor Kelurahan Bligo, yang dihadiri oleh Pemuda Pemudi dari Kelurahan Bligo sekitar 30 orang. (Red/)