Media Pembelajaran yang Cocok untuk Anak SD di Massa Pandemi Covid-19

Bogor Now Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Seperti yang kita ketahui sekarang ini, Seluruh dunia telah dihebohkan dengan adanya pandemi Covid-19,Termasuk Negara kita tercinta (Indonesia).

Covid-19 menyerang ke Indonesia sudah lebih dari setengah tahun belakangan ini, kemudian berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya adalah perubahan aktivitas belajar mengajar.

Sistem pendidikan diindonesia sejak bulan maret kemarin telah mengalami perubahan aktifitas belajar mengajar, dari yang awalnya tatap muka kemudian kini telah beralih menggunakan media online. 

Ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. 

Dilansir dari salah satu media social, Nadiem menekankan dari krisis saat ini kita bisa mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa diterapkan saat ini dan setelahnya. Menurut Mendikbud, ia juga mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk selalu berinovasi ditengah Pandemi C ovid-19.

Menghadapi pandemi Covid-19, Para guru pun harus dituntut agar tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar sebagaimana mestinya. Solusi yang tepat dalam mengahadapi pandemi Covid-19 dalam kegiatan belajar mengajar adalah guru harus mendesain media pembelajaran yang semenarik mungkin agar anak-anak tidak bosan dalam pembelajaran, dan terlebih khususnya untuk anak Sekolah Dasar.

Media pembelajaran yang dibuat semenarik mungkin diharapkan mampu mengurangi kebosanan anak didik ketika  menjalankan pembelajaran  dimasa pandemi  yang terjadi pada saat ini.

Sebagai inovasinya guru harus memanfaatkan media daring (Online), guru dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama dengan menggunakan grup dimedia sosial Seperti WhatsApp, Aplikasi zoom, Google Meet dan Media lainnya sebagai pembelajaran. 

Namun hal ini perlu adanya bimbingan dari orang tua siswa agar dapat mengawasi anak-anak mereka dalam menjalani pembelajaran. Peran orang tua pun sangat diperlukan dalam masa pandemi covid-19 ini, terutama terhadap anak-anak mereka yang masih berusia 7-13 Tahun.

Seperti yang kita ketahui sekarang ini media pembelajaran berjalan melalu system daring/online sehingga anak-anak perlu bimbingan dari orangb tuanya agar tidak salah mengakses konten-konten yang tidak bermanfaat.

Dengan demikian, guru dapat memastikan peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan, meskipun dengan jarak yang berbeda-beda.

Guru pun harus memberi tugas sesuai dengan apa yang telah guru berikan dalam materi pembelajaran tersebut sehingga memudahkan anak didik untuk mengerjakannya.

(Red/Saya Anisa Gestiani Mahasiswi dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )