MENANAMKAN SEMANGAT BELAJAR SEJAK USIA DINI

Bogor Now Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Menanamkan semangat belajar merupakan suatu cara untuk peserta didik sebagai modal bahwa belajar itu sangat penting dilakukan untuk seorang peserta didik dalam proses belajarnya. Dengan menanamkan semangat belajar sejak usia dini maka seorang peserta didik tersebut akan dapat memberikan suatu kemampuan yang ia milikinya.

Dalam menanamkan semangat belajar sejak usia dini dapat dilakukan dengan cara, Pertama yaitu dengan berkomunikasi yang baik, maksudnya kita pertahankan selalu berkomunikasi yang positif kepada peserta didik kita dengan baik saat di rumah maupun di sekolah.

Kedua dengan menciptakan permainan yang menyenangkan saat berhitung yaitu dengan mengubah suatu cara untuk berhitung dengan suasana yang tidak membosankan.

Ketiga dengan melatih kekayaan dalam berbahasa dengan bercerita kemudian menyediakan waktu luang, misalnya kita akan bercerita tentang perjuangan dalam kemerdekaan dan kita juga harus bisa membuat cerita itu semenarik mungkin agar tidak membosankan untuk peserta didik.

Kemudian yang keempat menciptakan suasana yang bewarna yaitu megubah tempat untuk belajar seperti di sekolah maupun dirumah dengan warna-warna yang menarik agar peserta didik lebih semangat dan tidak bosan saat belajar.

Dengan menanamkan semangat belajar sejak usia dini dapat bertujuan supaya peserta didik lebih terbiasa dalam hal belajar dan juga agar selalu semangat. Jika belajar itu mulai ditanamkan sejak usia dini maka seorang peserta didik akan bisa selalu mengingat apa yang telah ia pelajari, karena peserta didik mempunyai daya ingat yang sangat baik diusianya yang masih anak-anak.

Kemudian juga terdapat suatu dampak jika tidak menanamkan semangat belajar sejak usia dini yaitu, peserta didik akan tertinggal dengan peserta didik lain dalam daya ingat maupun saat proses belajar. Selanjutnya, jika peserta didik sudah malas dalam belajar maka akan selalu malas dan itu kemungkinan akan susah untuk merubah sikapnya untuk kedepan. 

Sebagai guru dan orang tua sebaiknya harus selalu mendampingi peserta didik dalam proses belajar. Guru juga harus bisa mengamati peserta didiknya dalam belajar dan terus selalu memberikan suatu dorongan agar peserta didiklebih semangat dalam belajar sejak usia dini. Orang tua juga harus memberikan jadwal atau waktu disiplin kepada peserta didik untuk belajar dirumah. *

(Red/Fitria Isnaeni,NIM : 2018015013,Status : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )