Mengatasi Penyakit Gabut

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pada zaman ini anak-anak milenial sangat dekat dengan sosmed, mereka kerap memosting story kegiatan-kegiatan pribadinya ke sosmed dengan berbagai caption. Sehingga bahasa-bahasa gaul mulai bermunculan.

Salah satunya adalah kata “gabut”. Anak muda sekarang sering sekali mengucapkan kata tersebut. Arti kata gabut sendiri adalah singkatan dari “gabut” atau gaji buta.

Sebenarnya kata gabut memiliki arti yang berbeda-beda. Akan tetapi anak muda sekarang mengartikanya dengan arti “membosankan” atau tidak ada kerjaan.

Karena seringnya mendengar keluhan anak muda tentang penyakit gabut, maka dari itu berikut beberapa cara mengisi waktu gabut dengan hal yang bermanfaat, silahkan disimak.

1. Mengerjakan Tugas

Seringkali tugas yang tidak kita harapkan menumpuk,entah itu tugas kuliah,sekolah kantor,pekerjaan rumah,dan lain-lain. Tapi kita sering tidak sadar dan tidak terpikirkan bagi kita untuk mengerjakan tugas-tugas itu di waktu kita gabut.

Kita malah sibuk mencari dan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

Maka dari itu akan lebih bermanfaat jika tugas-tugas kuliah ,sekolah ,kantor,dan lain-lain itu dikerjakan saat kamu sedang gabut. Manfaatnya disatu sisi rasa gabut teratasi dan disisi lain tugas-tugas terselesaikan.

2. Melakukan ibadah

Mendekatkan diri kepada Allah. Coba kalian berpikir dalam sehari berapa waktu yang kamu luangkan untuk beribadah dan bandingkan dengan waktu yang kamu gunakan untuk mengejar urusan dunia.

Perbandinganya sangat jauh bukan? Waktu ibadah hanya memperoleh porsi waktu yang sedikit dalam sehari.

Nah,dari pada waktu gabutmu terbuang percuma,kalian bisa menggunakanya untuk beribadah,misalnya bagi yang muslim waktu luang bisa digunakan untuk bertasbih,istigfar,membaca Al Quran ,menghafal Al Quran,dan lain sebagainya.

Manfaat yang dapat kita rasakan,pertama dosa kita dihapus,hati lebih tenang,ilmu agama meningkat,dan hidup lebih berkah,Amin.

3. Membuat rencana hidup kedepan

Waktu gabut bisa digunakan untuk merencanakan gebrakan apa yang akan kamu buat kedepanya. Apa yang akan kamu kerjakan dapat mulai kamu rencanakan sehingga kamu akan lebih siap melakukanya. Bisa dengan menulisnya di buku dan memberi kata-kata motivasi yang dapat membuatmu lebih semangat untuk melakukanya.

4. Membaca Buku

Menurut hasi survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) Indonesia berada di peringkat ke 62 dari 70 negara yang di survei mengenai  budaya literasi pada tahun 2015.

Kita berada di peringkat cukup bawah. Untuk itu kamu bisa mengisi waktu gabutmu dengan membaca buku. Bisa buku ensiklopedi,novel,komik,dan lain-lain.

Budayakanlah membaca buku jadi waktu gabutmu lebih bermanfaat. Membaca buku dapat menambah wawasan dan kamu juga berpartisipasi dalam meningkatkan budaya membaca di Indonesia.

5. Mengasah Hobi

Mungkin kamu memiliki hobi entah itu menggambar ,memasak ,merajut ,olah raga,dan lain sebagainya. Kamu dapat mengasah hobimu itu di waktu gabutmu.

Mungkin saja hobi tersebut bisa menjadi ladang prestasi,bisnis,hiburan,dan lain sebagainya bagi kamu. Sangat bermanfaat bukan?

(Red/ Sefira Hizbania Dinahaq )