MENINGKATKAN LITERASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR BERBASIS TEKNOLOGI SMARTPHONE

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Literasi merupakan aktivitas yang menggunakan kemampuan seorang individu untuk membudidayakan potensi dalam dirinya dalam mengolah ketrampilan membaca dan menulis. 

Salah satu tokoh Cordon menyebutkan bahwa literasi merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan karena dapat membangun imajinasi anak untuk dapat menjelajah dunia dan ilmu pengetahuan.

Melihat adanya tantangan revolusi 4.0 kemampuan peserta didik dalam berliterasi sangatlah rendah. Hal ini menjadi salah satu kekhawatiran generasi emas dimasa yang akan datang. Sehingga gebrakan baru mengenai literasi untuk saat ini sangat gencar dalam meningkatkan kemampuan berliterasi pada jenjang sekolah khususnya sekolah dasar yang menjadi tombak awal pendidikan.

teknologi literasi merupakan suatu daya pikir dalam meningkatkan psikomotorik  untuk memahami kelengkapan teknologi beserta kemampuan dalam mengenali sebuah etika dalam penggunaannya. 

Media pembelajaran berbasis smartphone untuk era disruptif saat ini sudah di inovasi dan dikemas dengan kekreatifan yang sangat menarik. Hal ini menjadikan smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang sudah tidak dapat dipisahkan. Sehingga dengan melihat fenomena tersebut tak asing lagi peserta didik sekolah dasar mengenali smartphone secara umum. 

Maka dari itu dalam meningkatkan literasi belajar peserta didik SD membutuhkan beberapa strategi yang sangat ampuh seperti :

  1. Mengintegrasi perpustakan di setiap tingkatan daerah. Hal ini bisa dilakukan dengan adanya gerakan perpustakaan keliling. Dan untuk era saat ini, perpustakan keliling dapat di akses melalui jejaring internet berupa smartphone
  2. Membuat program membaca. Membuat program membaca dirasa sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berliterasi karena peserta didik dapat memilih tema yang diminati dan meningkatkan rasa ingin tahu
  3. Memanfaatkan teknologi untuk mengakses bahan bacaan elektronik. Peningkatkan teknologi dalam berliterasi sangat ekonomis karena untuk meningkatkan literasi melalui buku klasik dirasa cukup mahal biayanya. 

Jadi dengan adanya teknologi berbasis smartphone yang mengusung perpustakan online menjadi salah satu dasar dalam meningkatkan kemampuan berliterasi peserta didik.

Hal ini disebabkan karena dalam meningkatkan literasi, secara tidak langsung peserta didik dapat mengetahui dunia dan dengan bekal ilmu pengetahuan peserta didik mampu menaklukan dunia melalui literasi.

(Red/ GALANG PANJI WIRATAMA ,  Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.  )