Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Menggunakan Konsep Ajaran Trilogi Kepemimpinan di Sekolah Dasar

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Motivasi dapat di artikan sebagai kekuatan ( energi ), dorongan, semangat seseorang yang dapat menimbulkan tingkat kemauan dalam melaksanakan suatu kegiatan.

Kemauan baik yang bersumber dalam individu itu sendiri maupun dari luar individu. Seberapa kuat motivasi yang di miliki individu akan bayak menentukan kualitas perilaku yag di tunjukannya baik dalam konteks belajar maupun dalam kehidupan lainnya.

Belajar adalah suatu proses yang  membawa perubahan dari yang buruk menjadi lebih  baik,misalnya perubuhan tingkah laku , sikap, maupun pengetahuan dalam jangka waktu behari-hari, berminggu-minggu, dan berbulan-bulan.

Adapun Trilogi Kepemimpinan antaralain:

  1. Ing Ngarso Sung Tulodo

Yaitu di depan memberi contoh dan teladan

  1. Ing Madyo Mangun Karso

Yaitu berada di tengah membangun semangat

  1. Tut Wuri Handayani

Yaitu mengikuti dari belakang dan memberi pengaruh

Meningkatkan motivasi belajar dengan mengunakan konsep ajaran Ki Hadjar Dewantara yaitu Trilogi Kepemimpinan :

  1. Ing Ngarso Sung Tulodo

Jika ada seorang siswa mengalami kurang bersemangat atau bahkan kesulitan dalam belajar seorang guru harus selalu berada di depan siswa dan harus memberi semangat atau dorongan agar siswa tersebut bisa terdorong untuk bangkit dalam kesulitan belajarnya itu dan bisa belajar seperti halnya dengan teman-teman yang lain.

  1. Ing Madyo Mangun Karso

Ketika siswa sudah bersemangat dalam belajar atau tidak mengalami kesulitan belajar lagi guru bisa berada di tengah-tengah memberi semangat kepada siswa dan terus mendampingi siswa tersebut dalam hal belajar di kelas atau pun lingkungan sekolahnya.

  1. Tut Wuri Handayani

Siswa semakin hari semakin bertambah besar dan tentu pola pikir dan  perilakunya juga berubah seiring berjalannya waktu, ketika mereka sudah besar mereka pun akan mengerti tentang manfaat motivasi belajar dan mengaplikasikan motivasi tersebut. Tetapi juga tidak lepas dari pengawasan guru. 

Jadi, motivasi belajar itu tak lepas dari dorongan seorang guru, dengan dorongan tersebut siswa bisa terpacu untuk maju dalam mengahadapi masalah belajar yang ada, tetapi kegiatan yang di lakukan siswa tak lepas juga dari pengawasan guru. 

Motivasi belajar memang sangat bermanfaat untuk kemajuan perkembangan siswa salah satu konsep ajaran yang dapat digunakan dalam penyampaian motivasi yaitu melalui konsep ajaran Ki Hadjar Dewantara tepatnya Trilogi Kepemimpinan.. 

(Red/ Sintia Aprilia Utari ,NIM : 2018015032 : Mahasiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta  )