Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid-19

Kampus Kita

Oleh: Indah Rosalina Dewi ,Mahasiswa Program Studi  Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiwa)

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya wabah virus Covid-19.

Semua lembaga pendidikan tidak dapat melakukan proses belajar mengajar secara langsung atau tatap muka, melainkan harus dilakukan secara tidak langsung atau jarak jauh dengan menggunakan metode pembelajaran online atau dalam jaring (Daring). 

    Pembelajaran daring memiliki beberapa dampak positif bagi siswa karena siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja.

Akan tetapi, ada masalah yang dapat mengganggu proses pembelajaran daring yaitu siswa memiliki motivasi belajar yang kurang. Padahal motivasi belajar ini sangat penting dalam proses belajar siswa. 

    Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat siswa akan tertarik kepada kegiatan belajar sehingga siswa akan belajar secara terus menerus.

Motivasi belajar juga memiliki peran untuk menumbuhkan rasa senang, gairah dan semangat belajar pada siswa. 

    Kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring ini disebabkan karena tidak sempurnanya model pembelajaran daring yang diterapkan.

Kemudian pada pembelajaran daring, siswa dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan pendapat dan pemikirannya, sehingga menyebakan proses belajar yang membosankan.  Apabila siswa mengalami kebosanan dalam belajar maka motivasi belajar siswa akan mengalami penurunan. 

    Motivasi belajar yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan pendorong untuk menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga siswa dapat memiliki prestasi belajar yang baik. 

    Lalu bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Meningkatkan Kualitas Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran tata muka maupun pembelajaran online, guru adalah faktor penentu keberhasilan dalam pembelajaran. Dengan meningkatkan kualitas guru maka kualitas pembelajaran juga mengalami peningkatan dan menghasilkan hasil belajar yang baik juga. 

  1. Meningkatkan Kreativitas Guru

Guru harus meningkatkan kreativitasnya. Hal ini dikarenakan guru harus kreatif dalam menyajikan pembelajaran daring secara menyenangkan dan mudah dimengerti sehingga para siswa tidak merasa bosan dan tetap produktif belajar di rumah. Jadi, kreativitas guru dapat mendorong motivasi belajar siswa dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. 

  1. Menggunakan Metode Pembelajaran Yang Bervariasi

Metode pembelajaran bervariasi ini agar siswa tidak bosan dan jenuh dalam suatu pembelajaran maka di ciptakanlah pembelajaran yang bervariasi. Tujuannya agar siswa selalu termotivasi dalam kegiatan proses pembelajaran. 

  1. Memberikan Pujian Terhadap Hasil Tugas Siswa

Memberikan pujian atas hasil tugas yang telah dikerjakan oleh siswa dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan siswa lebih merasa dihargai serta bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugasnya. 

  1. Memberikan Tugas Yang Sesuai Dengan Kondisi Siswa Saat Ini

Dalam pembelajaran daring saat ini, guru harus bijak dalam memerikan tugas kepada siswa. Guru juga dituntut harus banyak menemukan betuk tugas yang sesuai dengan kondisi siswa dan orang tua di rumah dengan memperhatikan segala keterbatasan kondisi yang ada. Guru juga disarankan tidak hanya memberikan tugas dalam bentuk soal namun bisa penugasan yang menyenangkan. Sehingga siswa tidak merasa bosan karena mengerjakan tugas yang sejenis secara berulang kali. 

  1. Melakukan Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pada pembelajaran daring sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan evaluasi pembelajaran maka dapat diketahui apakah pembelajaran tersebut berjalan dengan efektif atau tidak. Jika dirasa tidak efektif. Guru harus memodifikasi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.