Menumbuhkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

Bogor Now Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan menjadi salah satu aspek yang dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia.

Begitu pula dengan Sekolah Dasar (SD) merupakan fase penting dari perkembangan anak yang dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia di masa datang.

Pada dasarnya, siswa SD memiliki rasa ingin tahu, tanggap terhadap permasalahan dan kompleksitasnya, dan minat untuk memahami fenomena secara bermakna.

 Sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU. No 20 tahun 2003) bahwa “Pendidikan nasional befungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Merujuk pada amanat Undang-undang sistem pendidikan nasional, salah satu dari beberapa tujuan pendidikan yaitu membentuk kualitas manusia yang memiliki kreativitas.

Kreativitas mendorong pengembangan diri untuk mengaktualisasikan dirinya sebagai salah satu kebutuhan paling tinggi bagi manusia.

Kreativitas merupakan kemampuan untuk untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran yang asli, tidak biasa, dan sangat fleksibel dalam merespon dan pemikiran dan mengembangkan aktivitas.

Pada keberlangsungannya, kreativitas menuntut kebersinambungan komitmen yang besar. Kondisi dimana individu harus tetap menjadi gairah kreatif walaupun berhadapan dengan tantangan dan gejolak dalam kuatnya gairah kreatif tersebut.

Komitmen tersebut yaitu keseungguhan hati, harapan, dan optimisme atas kemampuannya untuk menghadapi tantangan yang menghadang. Pada saat yang sama, kreativitas bisa menghasilkan berbagai ketegangan yang mungkin menyakitkan.

Bersumber pada latar belakang tersebut, kreativitas memang bukan salah satu faktor utama dalam pendidikan tapi pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu menstimulus siswanya untuk mengembangkan kreativitasnya. Ketika kreativitas berkembang maka prestasi yang lainnya pun dapat dicapai dengan mudah.

(Red/Della margaretha mahasiswa dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)