MODEL PEMBELAJARAN ONLINE YANG EFEKTIF BAGI ANAK SD DI TENGAH WABAH COVID-19

Kampus Kita

Oleh: Silvia Puspitasari Mahasiswi dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi semua peserta didik dan dapat dikatakan sudah sangat besar pengaruhnya di dalam kehidupan masyarakat secara luas.

Pada masa pandemi covid-19 merupakan krisis di bidang pendidikan dikarenakan banyak sekolah yang memutuskan untuk belajar di rumah atau sekolah secara online karena dikhawatirkan siswa dapat terjangkit virus corona karena belajar di dalam ruangan yang tidak menerapkan pshycal distancing atau menjaga jarak dengan orang-orang yang ada di sekitar.

Oleh karena itu dibutuhkan motode dan teknik yang tepat bagi seorang guru agar mengajar efektif dan efisien di masa pendemi covid-19 dengan cara membuat ekstensi interaksi yang baik di luar kelas agar siswa dapat belajar giat tanpa merasa terbebani dengan tugas dari sekolah. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan efektifitas dalam belajar
online adalah sebagai berikut:

  1. Merancang cara penyampaian materi
    Setelah guru melihat materi yang akan diterangkan kepada siswa, guru harus merancang bagaimana cara yang menarik untuk menyampaikan kepada siswa agar siswa tidak bosan.Salah satunya dengan cara menggunakan video agar siswa lebih mengerti apa yang diterangkan dibanding hanya dibacakan saja. Video tidak perlu panjang cukup
    singkat namun mudah dipahami.Tujuannya adalah agar siswa tidak bosan melihat pembelajaran melalui audio-visual.
  2. Menilai tugas siswa
    Ketika guru memberikan tugas kepada siswa jangan hanya menyuruh untuk mengerjakan saja namun meminta siswa untuk mengumpulkan setelah selesai mengerjakan dengan cara foto tugas siswa lalu dikirim melalui media, kemudian guru langsung menilai dan nilai itu dikirim kembali kepada siswa, sehingga pembelajaran menjadi efektif, ada kemauan siswa untuk mengerjakan tugas.
  3. Refleksi pembelajaran
    Mengetahui keberhasilan proses pembelajaran online dengan cara membuat refleksi, seperti di minggu pertama melakukan video call, minggu kedua menjelaskan rangkuman dari seluruh materi, minggu ketiga melakukan evaluasi dimana menanyakan kepada siswa materi mana yg belum paham.

Dengan pembelajaran online ini guru tidak hanya selesai menjelaskan materi atau selesai semua materi namun guru harus mengetahui apakah siswa itu paham atau tidak dan disela-sela materi guru harus menyelipkan pembahasan tentang virus corona agar siswa selalu menjaga kesehatan. Jangan jadikan pembelajaran online ini sebagai beban untuk guru
maupun siswa, akan tetapi dijadikan wadah untuk belajar santai tetapi serius agar pendidikan tetap berjalan lancar di tengah wabah covid-19.