Pembelajaran IPA Di Luar Kelas Bagi Siswa SD

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pembelajaran IPA di SD sangatlah berkaitan dengan alam sekitar dan juga sebagai wadah bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Pembelajaran yang berlangsung sekarang ini lebih banyak mengarah pada pembelajaran kognitif dan menghafal saja.

Pembelajaran di dalam kelas bisa jadi membosankan bagi peserta didik. Dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang membuat peserta didik  tidak bosan belajar dan tumbuh rasa semangat untuk belajar.

Misalnya metode pembelajaran di luar kelas. Pembelajaran tidak melulu harus dilakukan di dalam kelas, pembelajaran bisa dilakukan di luar kelas. Kita bisa memanfaatkan alam sekitar sebagai sumber dan tempat pembelajaran.

Misalnya dalam proses pembelajaran IPA Guru bisa menggunakan metode pembelajaran di luar kelas dengan cara mengajak peserta didik untuk berjalan jalan keluar sekolah seperti ke sawah terdekat.

Sebelumnya peserta didik disuruh membawa alat tulis dan diberi tugas mencatat tumbuhan apa saja yang dijumpai selama perjalanan. Pembelajaran ini dapat membuat peserta didik lebih tertarik untuk belajar karena peserta didik bisa berjalan jalan dan mengamati alam sekitar.

Dengan metode ini, diharapkan peserta didik dapat bersemangat untuk belajar dan mendapatkan maanfaat secara maksimal. Pembelajaran di luar kelas juga dapat melatih peserta didik untuk dapat berinteraksi dengan sesama temannya. 

Pada masa sekarang banyak anak yang tidak mengetahui macam macam tumbuhan dalam bentuk aslinya. Mereka hanya mengetahuinya lewat gambar saja. Mungkin jika di pedesaan mereka  masih bisa melihat langsung wujud tumbuhan tersebut.

Namun anak anak yang tinggal di kota jarang sekali bisa melihat tumbuhan secara langsung, karena sudah jarang terdapat sawah ataupun kebun di daerah perkotaan.

Banyak lahan yang sudah dibangun gedung gedung. Namun guru dapat mengajak peserta didik untuk menanam tumbuhan yang mudah didapatkan di depan ruang kelas misalnya tumbuhan cabai, tomat, bawang dan lain lain. Peserta didik dapat mengamati proses pertumbuhan pada tumbuhan tumbuhan tersebut.

Jadi selama pembelajaran di luar kelas peserta didik merasa senang dan tidak bosan saat pembelajaran dan juga peserta didik tidak merasa ngantuk seperti saat pembelajaran di dalam kelas.

Mengingat banyakya manfaat yang bisa didapatkan dari metode pembelajaran di luar kelas ini ada baiknya guru sesekali mengajak peserta didik untuk melakukan pembelajaran di luar kelas.

(Red/  Ade Ariantu mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, )