Pembelajaran Online Menjadi Jalan Alternatif di Masa Pandemi

Bogor Now Kampus Kita

Oleh:Herlinda Febriyani Mahasiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting di dunia, karena di dunia masih banyak membutuhkan orang-orang yang berpendidikan supaya bisa menjadikan negaranya bisa lebih maju.

Namun, sudah hampir satu tahun wabah virus covid-19 merajalela hampir diseluruh dunia, tetapi sampai saat ini masih juga belum hilang atau terselesaikan.

Dengan adanya wabah ini banyak orang-orang yang terkendala dalam aktivitasnya, dan harus menyelesaikan aktivitasnya di rumah saja karena untuk mencegah penularan virus covid-19 ini, tidak seperti biasanya yang setiap hari bisa keluar rumah tanpa adanya rasa takut.

Dengan adanya wabah ini peserta didik juga terhambat dalam pembelajaran jika dilakukan di sekolah.

Maka dari itu supaya pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan lancar bisa menggunakan handphone atau laptop sebagai jalan alternatif pembelajaran online.

Dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi semua menggunakan pembelajaran secara online, sehingga sampai pada saat ini masih belum ada sekolah yang melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah, semua kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah supaya mencegah
penularan virus covid-19 ini.

Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang dilakukan melalui media digital atau media eletronik dengan menggunakan komputer atau media berbasis komputer.

Untuk bisa melihat materi di pembelajaran online bisa diakses menggunakan jaringan atau sejenisnya.

Dengan menggunakan pembelajaran online peserta didik tidak hanya bisa melihat atau mengakses materi yang diberikan oleh guru, tetapi juga bisa melihat materi dari luar sekolah.

Dengan demikian, guru harus bisa memanfaatkan pembelajaran online ini supaya bisa berjalan dengan baik dan juga guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang kreatif supaya peserta didik tidak mudah bosan dan juga yang bisa lebih mudah dipahami oleh peserta didik.

Pada saat pembelajaran online peserta didik harus ada pendampingnya supaya tetap bisa mengikuti pembelajaran online dengan baik terutama pada tingkat PAUD, TK, SD karena pada tingkatan tersebut peserta didik masih belum sepenuhnya mengerti penggunaan media pembelajaran online.

Dan juga setelah selesai pembelajaran online orangtua harus meminta
handphone yang sudah selesai untuk pembelajaran online supaya tidak digunakan untuk bermain game.

Sebagai orangtua sekarang harus bisa menggunakan media digital atau media elektronik, karena sekarang jika ada apa-apa selalu menggunakan handphone.

Pada saat pembelajaran online seperti sekarang ini peran orangtua juga sangat penting karena peserta didik menghabiskan waktu dirumah bersama orangtuanya.

Dengan adanya pembelajaran online ini bisa lebih mudah untuk mengakses materi yang diberikan oleh guru kepada peserta didik, dan juga bisa lebih membantu dalam pembelajaran online pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Tetapi pembelajaran online juga masih ada hambatannya yaitu masih banyak yang kekurangan fasilitas untuk kegiatan pembelajaran
online misalnya seperti tidak mempunyai handphone atau laptop, jaringan yang kurang mendukung, peserta didik yang kurang memahami materi yang dijelaskan oleh guru.

Dengan adanya hambatan dalam pembelajaran online ini diharapkan pemerintah bisa menyediakan fasilitas yang baik misalnya menyediakan kuota untuk belajar supaya pembelajaran online bisa lebih baik dan lancar.