Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Kampus Kita

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia. Tanpa pendidikan seorang anak tidak akan menjadi pribadi yang berkembang. Dari pendidikan formal, pendidikan dasar sangat penting karena memberikan dasar perkembangan manusia.

Bila pendidikan dasarnya baik, ini sangat membantu perkembangan perkembangan pendidikan selanjutnya.

Maka pendidikan karakter sangatlah perlu diterapkan di sekolahdasar, sebab pendidikan karakter merupakan sebuah istilah yang semakin hari semakin mendapatkan pengakuan dari masyarakat Indonesia saat ini.

Dalam dunia pendidikan banyak hal yang harus kita pelajari dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.Seperti halnya pendidikan karakter banyak nilai-niai dalam pembentukan karakter yang dapat berkaitan dengan mata pelajaran yaitu mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan

Dalam mata pelajaran ini di sekoah dasar sangat berkaitan karena mengenai kehidupan sehari-hari yang kelak akan menjadi pedoman bagi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter.

Pendoman nilai pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar tentu tidak boleh menyimpang dan harus sesuai dengan tujuan pendidikan nasional Indonesia.

Dengan harapan agar anak didik benar-benar mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik serta sesuai undang-undang yang mengatur tentang sistem pendidikan nasional dan juga berlatar belakang dari nilai-nilai pancasila.

Pendidikan kewarganegaraan salah satu cerminan bahwa pendidikan di Indonesia menginginkan adanya pengembangan dari peserta didik itu sendiri bukan hanya intelektual melainkan juga sosial serta karakter dari peserta didik guna untuk mempersiapkan diri menjadi warga masyarakat dan warga negara yang seutuhnya.

Karena untuk menjadi warga Negara yang baik harus memiliki karakter yang mencerminkan nilai-nilai pancasila dan mampu mengamalkan nilai-nilai moral yang terkandung didalamnya.

Oleh sebab itu menginternalisasikan serta mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sangat penting agar pada saat proses pembelajaran apa yang ingin diukur dari siswa tersebut benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan.

(Red/Ajeng Arviana Indah Lufiasari  dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )