Penanaman Karakter Pada Peserta Didik Jenjang Sekolah Dasar

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Penanaman nilai karakter di Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan mengintegrasikan dalam pembelajaran.

Cara guru menyampaikan nilai karakter tersebut tidak selalu secara langsung tetapi melalui cerita kepahlawanan dan permainan dalam pembelajaran yang telah dikembangkan. 

Dari kegiatan tersebut guru berusaha menjelaskan pentingnya nilai karakter dengan bahasa anak-anak dan mendorong peserta didik untuk melakukannya.

Selain itu, pengimplementasian pendidikan karakter di kelas juga dilakukan dengan mengawali dan mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa,mengecek kehadiran peserta didik, membentuk kelompok secara heterogen,menggunakan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan, mengajak peserta didik untuk membaca buku baik saat pembelajaran sedang berlangsung ataupun saat literasi. 

Setelah membaca buku atau literasi dongeng, Jadi cara mengimplementasikan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam proses pembelajaran ini dengan menyampaikan pesan moral secara langsung kepada peserta didik saat pembelajaran atau melalui implisit.

Setelah itu guru mendorong peserta didik untuk melakukan nilai-nilai karakter positif dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan begitu peserta didik tidak hanya mengetahui tentang nilai karakter tapi juga lebih peka terhadap karakter yang baik tersebut.

Nilai-nilai karakter yang sering muncul dalam kegiatan pembelajaran seperti religius, kerjasama, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, komunikatif, dan tanggung jawab.

Itulah mengapa melalui pendidikan karakter yang diterapkan dapat membekali peserta didik secara dini, agar memiliki karakter yang baik dan dapat menjadi contoh bagi generasi selanjutnya.

Dengan pendidikan karakter juga dapat membekali peserta didik menjadi manusia yang baik di masa datang dan juga berkarakter kuat.

Dalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik hendaknya tidak hanya mengajarkan secara teoritis, namun lebih difokuskan pada pembentukan nilai-nilai karakter yang dilakukanya secara nyata.

(Red/  Wahana Nur Eka dengan NIM 2018015182 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar