Pendampingan Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Bogor Now Kampus Kita

Oleh : Titis Reniati,Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworej

KORANBOGOR.com,PURWOREJO-Pendampingan belajar menggunakan media itu bertujuan sebagai alat bantu mengajar yang dapat mempengaruhi, motivasi, dan lingkungan belajar siswa.

Apalagi pemanfaatan media dalam pembelajaran IPA atau ilmu pengetahuan alam yang merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada rumpun ilmu di mana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum yang pasti dan umum.

Oleh karena itu, pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan menumbuhkan kegiatan belajar.

Selain itu, penggunaan media pembelajaran sangat membantu keefektifan siswa dengan cara melatih siswa untuk bisa memanfaatkan sumber belajar yang ada dan melatih siswa untuk banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki.

Karena sebenarnya media pembelajaran  juga merupakan media komunikasi yang secara khusus digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Materi pelajaran yang abstrak akan menjadi lebih konkrit apabila di jelaskan melalui media, baik media gambar ataupun media lainnya.

Seperti : (papan styrofoam dan kertas origami) yang di lengkapi dengan permainan sebagai alat bantu menjalankan media.

Inilah yang akan menjadikan pembelajaran lebih terasa menyenangkan, menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran yang disajikan dan cenderung tidak membuat siswa cepat merasa bosan.

Walaupun kesan sederhana sangat nampak terlihat dalam media pembelajaran.

Akan tetapi itu semua tidak masalah yang paling penting adalah materi dapat tersampaikan pada siswa dan siswa benar-benar paham akan pemahaman materi yang di jelaskan.

Kemudian dorongan yang diberikan kepada siswa oleh guru dengan bantuan alat bantu media pembelajaran dapat di pastikan membantu proses penjelasan yang di lakukan guru.

Dengan adanya dorongan untuk selalu membiasakan diri dengan hal-hal yang berkaitan dengan media pembelajaran maka siswa akan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.