PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan karakter merupakan usaha manusia untuk mendidik dan memperoleh potensi peserta didik dari sejak usia dini, guna untuk membangun karakter pribadinya agar menjadi individu yang lebih baik dan bisa berguna untuk lingkungan sekitar.

Pendidikan karakter juga bertujuan untuk menanamkan nilai karakter positif kepada peserta didik. Nilai-nilai tersebut meliputi beberapa hal yaitu: religius, kejujuran, disiplin, adanya sikap toleransi, menghargai orang yang lebih tua, memiliki rasa tanggung jawab, cintai tanah air, kerja keras, kreatif, dan peduli terhadap lingkungan. 

Dengan demikian pendidikan karakter juga dapat dilakukan dengan cara mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada disekolah seperti kegiatan kepramukaan bisa dilakukan diluar jam pelajaran tatap muka.

Kegiatan pramuka tersebut dilakukan di dalam atau di luar lingkungan sekolah. Dengan adanya ekstrakurikuler pramuka sangat membantu peserta didik untuk menambah wawasan pengetahuan,ide-ide yang kreatif, meningkatkan keterampilan (skill), serta menambah nilai-nilai moral para peserta didik.

Karena didalam kegiatan pramuka terdapat Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Yang akan selalu mengingatkan peserta didik harus melakukan sikap-sikap yang baik.

Dalam Dasa Darma Pramuka yang berbunyi: “ (1) Takwa pada Tuhan Yang Maha Esa, (2) Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, (3) patriot yang sopan dan kesatria, (4) Patuh dan suka bermusyawarah, (5) Rela menolong dan tabah, (6) Rajin terampil dan gembira, (7) Hemat cerdas dan bersahaja, (8) Disiplin berani dan setia, (9) Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, (10) Suci dalam pikiran perkataan maupun perbuatan” bisa di amalkan langsung kedalam kehidupan sehari-hari, agar peserta didik dapat terus melakukan hal-hal yang positif. 

Kegiatan pramuka juga mengajarkan peserta didik untuk berpikir yang kritis dan kreatif. Tau kan ? kegiatan pramuka itu selalu mengadakan kegiatan-kegitan yang menarik, menantang dan mengandung nilai-nilai moral terhadap peserta didik.

Kegiatan tersebut akan membuat para peserta didik lebih aktif dan bersemangat melakukannya dengan mengemukakan pedapatnya masing-masing , hal tersebut akan menimbulkan kreatifitas dan percaya diri dalam melakukan kegiatan tersebut.

Jika dalam kegiatan itu ada satu kegiatan yang menantang dan sulit untuk dilakukan, pasti segala upaya akan dilakukan untuk tetap menyelesaikan kegiatan dengan baik , itu merupakan rasa kebanggaan tersendiri karena dapat menyelesaikan tantangan dengan baik dan sukses.

(red/Melisa Indriani,Mahasiswi PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )