Pendidikan Karakter Sejak Dini

Bogor Now Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan,ketrampilan maupun kebiasaan seseorang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi melalui pengajaran pelatihan.pendidikan dilakukan melalui bimbingan ataupun secara otodidak.

Namun,setiap orang memiliki kewajiban untuk menempuh jenjang pendidikan.Ada dua jenis pendidikan yaitu pendidikan Formal dan pendidikan Informal.Keduanya memiluku kelebihan dab kekurangan masing – masing.Tetapi Manfaatnya hampir sama.

Karakter adalah sifat yang memengaruhi pikiran,perilaku budi pekerti,dan tabiat yang dimiliki manusia/makhluk hidup lainnya.pendidikan karakter ini adalah kegiatan manusia yang didalamnya mempunyai tindakan yang dapat mendidik untuk generasi selanjutnya.

Pendidikan karakter Anak Usia Dini yaitu penanaman perilaku terpuji pada Anak,baik perlaku terpuji pada anak,baik perilaku beribadah,perilaku berinteraksi dengan orang lain,perilaku terpuji yang bermanfaat untuk kesuksesan hidupnya dan maupun perilaku sebagai warga negara yang baik. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak dini.pada pendidikan karakter akan banyak sekali ditemui bagaimana menjadi seorang yang berkarakter.

ada beberapa manfaat pendidikan karakter diantaranya yaitu :

1. Membentuk karakter individu

Tujuan pendidikan karakter ini adalah untuk membentuk karakter dari diri individu. karakter merupakan segala sesuatu yang melekat pada diri individu, dan cenderung menetap. Sehingga dengan adanya pendidikan karakter, maka kecenderungan individu untuk memilki karakter yang baik dan juga berguna bagi sesamanya akan terbentuk. Maka dari itu, beberapa pendidikan karakter sangat baik dulakukan kepada para remaja.

2. Membuat individu menjadi lebih menghargai sesama

Seseorang yang berkarakter kuat akan lebih dapat untuk menghargai sesamanya. kalaupun  memang seseorang kurang dapat menghargai sesamanya, dengan adanya pendidikan karakter yang intensif. Tentunya kemampuan seseorang/ individu untuk menghargai sesamanya manusia akan menjadi lebih meningkat.

3. Melatih mental dan juga moral dari peserta didik

Manfaat pendidikan karakter sejak dini, selain mampu untuk menciptakan dan menguatkan karakter seseorang, bermanfaat untuk meningkatkan serta melatih mental dan juga moral dari  peserta pendidikan karakter. agar dapat mencegah terjadinya kondisi mental individu yang bermental tempe dan juga mental malas serta moral yang buruk.dengan meningkatnya kondisi mental dan juga moral individu, maka akan menciptakan suasana yang kondusif dan dapat mencegah terjadinya perpecahan.

4.Dapat mengetahui dan memahami karakter diri sendiri

Berbicara soal jati diri, tidak hanya pada remaja, namun ada juga orang dewasa yang mungkin belum bisa menemukan jati dirinya. Dengan adanya pendidikan karakter, mereka akan lebih mudah menyadari dan juga mengetahui karakter dari diri sendiri.

5. Menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan

Seiring dengan meningkatnya moral dan kemampuan berpikir dari individu melalui pendidikan karakter, maka hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan berpikir individu. terutama dalam mengambil keputusan, dengan menempuh pendidikan karakter.

Maka seseorang akan menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan, sehingga tidak merugikan diri sendiri dan juga merugikan orang lain.

(Red/Kinanti Mei Lisa dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)