Pendidikan Moral Harus Diterapkan Sejak Dini Pada Anak Sekolah Dasar

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Perkembangan pada zaman sekarang sangatlah pesat. Hal ini harus benar – benar diperhatikan. Terutama pada pergaulan anak – anak yang kini semakin bebas.

Belakangan ini sering muncul foto anak – anak kecil sudah banyak beredar di media sosial. Dengan gaya dan pakaian yang kurang pantas bahkan tidak pantas sama sekali dikenakan oleh anak – anak. 

Dari banyaknya foto anak – anak yang diunggah di media sosial, ada sebagian anak sekolah dasar yang masih memakai pakaian seragam merah putih. Yang paling miris adalah foto tersebut diunggah dengan gaya yang tidak wajar. Ada yang sedang bergandengan tangan antara siswa SD laki – laki dan perempuan. Bahkan ada siswa SD yang berpakaian layaknya anak – anak SMA yang berlebihan.

Maka tidak heran jika data menyatakan anak perempuan Indonesia lebih dari 50% sudah tidak perawan ketika masih usia sekolah SMA.

Hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi setiap orang tua yang memiliki anak. Penerapan pendidikan moral harus benar – benar dilakukan sedini mungkin.

Banyak budaya asing yang sangat mudah masuk ke Indonesia, terutama melalui media sosial, hal ini harus menjadi perhatian dan perlu dilakukan penanganan.

Salah satu hal yang bisa membentengi anak dari budaya asing yang tidak baik adalah dengan memberikannya pendidikan moral sejak dini.

Pemikiran dan karakter anak akan sangat mudah dibentuk ketika masih kecil. Jadi, jangan sia – siakan kesempatan emas untuk menjadikan anak memiliki karakter yang baik. 

Tetap berikan perhatian khusus ketika anak sudah menginjak remaja dan dewasa. Peranorang tua sangatlah penting dalam memberikan perhatian di usia remaja. Karena di usia ini anak sedang mengalami usia dimana sedang penasaran dengan hal – hal yang berbau dewasa. 

Tanpa perhatian dari orang tua, anak akan sangat mudah terjun ke dunia yang bisa menjerumuskan dirinya ke hal – hal yang merugikan dirinya sendiri.

Jadi, perhatian orang tua terhadap anak ketika anak menginjak remaja benar – benar harus ditingkatkan dan dikondisikan. Jangan sampai anak bangsa calon generasi muda tidak memiliki masa depan gara – gara salah dalam pergaulan di usia remaja.

(Red/  Ikhtiari Triza IntaniNim : 2018015341 )