Pendidikan Dimasa Pandemi

Bogor Now Kampus Kita

Oleh : Abdul Lathief,NIM : 2019015376

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan merupakan asset paling penting dari suatu negara. Tanpa adanya Pendidikan,suatu negara tidak akan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

Mungkin negara itu memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti hutan yang luas, perairan dengan berbagai macam kehidupan lautnya, keindahan obyek wisata yang tak kalah dengan negara lainnya,hasil tambang yang sangat berlimpah, dan masih banyak yang lainnya.

Tapi, semua itu hanya sebatas ada dan jika saja sumber daya manusia bisa setara dengan sumber daya alamnya yang melimpah, mungkin semua bisa dimanfaatkan dengan sempurna.

Menurut Ki Hajar Dewantara Pendidikan yaitu tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak- anak.

Adapun maksudnya Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapatlah mencapaikeselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Berdasarkan pengertian tersebut, bisa diartikan bahwa dengan adanya Pendidikan atau tepatnya menjadi manusia yangberpendidikan akan Bahagia.

Kita mempunyai sumber daya alam yang melimpah, jika kita bisa memanfaatkan sumberdaya alam itu mungkin kita tidak akan bisa dimanfaatkna orang lain.

Tapi itu tidak semudah yang dibayangkan. Lalu, bagaimana kita bisa memanfaatkan sumberdaya alam yang melimpah? Yakni dengan mempunyai ilmu pengetahuan atau berilmu.

Sesuai pernyataan diatas, penidikan memiliki peran yang sangat penting di suatu negara. Di Indonesia sendiri pendidikan sudah berkembang dengan bagus.

Indonesia menerapkan, semua penduduknya wajib mengikuti program wajib belajar sembilan tahun yang terdiri dari, Pendidikan selama enam tahun di sekolah dasar dan tiga tahun di sekolah menengah, tetapi
masih banyak daerah di Indonesia yang belum punya Pendidikan yang mumpuni.

Saat ini seluruh dunia sedang dilanda pandemic covid 19. Semua aspek kehidupan berubahsangat drastis karena pandemic ini.

Khususnya di Indonesia, Pendidikan di Indonesia sekarang sedang di ujung tanduk, banyak siswa yang mengeluhkan pembelajaran online.
Mengapa?

Karena Indonesia merupakan negara yang masih berkembang, dan tidak semua penduduknya mempunyai smartphone untuk perangkat pembelajaran.

Sebelum pandemic saja Pendidikan di Indonesia masih ada yang terkendala, apalagi seperti saat ini.

Dengan segala cara pemerintah mengatasi salah satu aspek yang terdampak ini, yakni dengan memberikan kuota internet belajar kepada seluruh peserta didik dan kepada para pendidik di Indonesia yang
mempunyai smartphone.

Lalu, bagaimana jika ada yang tidak memiliki smartphone? Ada daerah yang guru-gurunya mengajarkan pelajaran kepada siswanya tidak mengunakan smartphone, tetapi datang langsung ke rumah peserta didik untuk mengajarkan ilmu pengetahuan. Memang tidak banyak yang melakukan kegiatan belajar mengajar seperti itu,

bukan hanya factor geografis, tapi factor ekonomi juga memengaruhi seperti tidak ada bahan bakar yang cukup untuk mengunjungi rumah setiap peserta didik.

Kita tidak bisa berharap terlalu jauh untuk saat ini, kita hanya bisa berharap supaya pandemic ini cepat berakhir dan aspek kehidupan seperti Pendidikan dan ekonmi Kembali pulih dan dapat berkembang dengan pesat.