Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Di Usia Sekolah Dasar

Kampus Kita

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Seiringnya dengan zaman Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi memberikan dampak yang sangat besar terhadap dunia pendidikan.

Tidak hanya orang dewasa yang mengenal teknologi canggih tetapi juga berpengaruh terhadap perkembangan dan pendidikan anak usia dini.

Didasari atau tidak kebiasaan lingkungan terhadap anak usia dini akan membentuk perkembangan anak dan membuat anak kurang bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Saat ini, anak menjadi individual karena terlalu asik dengan bermain gadget. Pada saat ini berkembangnya teknologi banyak sekali yang berpangaruh pada anak salah satunya penggunaan gadget.

Perkembangan teknologi tentunya mengubah pola hidup masyarakat yang menimbulkan dampak positif dan negatif.

Tentunya kita harus mewaspadai dampak-dampak yg ditimbulkan oleh perkembangan teknologi.

Jika  anak sudah kecanduan dan terkena dampak negatif oleh gadget, maka perkembangan anakpun akan terhambat,karena mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perkembangan berikutnya.ketika para orangtua mengizinkan anak-anak mereka menggunakan gadget, termasuk ponsel atau tablet untuk jangka waktu yang lama.

Hal tersebut akan menimbulkan bahaya gadget bagi anak.Bermain gadget secara berlebihan dapat menimbulkan risiko serius pada kesehatan fisik maupun mental anak.

Apabila anak sudah kecanduan dengan gadget,maka hal yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah memberi waktu batasan menggunakan  gadget.

Dengan memberi batasan/mengurangi waktu untuk menggunakan gadget maka lama kelamaan anak akan mulai lupa dengan gadgetnya.Orang tua dapat mengembangkan bakat yang dimiliki anak. 

Peran orang tua dan guru sangat penting untuk membimbing anak di era teknologi ini. Orang tua dan guru perlu mengarahkan anak agar tidak terkena dampak negatif dari teknologi, dapat memanfaatkan teknologi secara positif.

Banyak di luar sana orang tua yang khawatir dengan anaknya di era digital seperti saat ini.Mereka khawatir jika anak-anaknya terkena dampak negatif dari kemajuan teknologi.Banyaknya berita bohong (hoax) yang tersebar di sosial media. 

Namun kita juga tahu banyak dampak positif di era digital ini. Dengan adanya internet, anak usia dini dapat belajar kapan saja dan dapat menambah wawasan yang luas dari sumber-sumber yang tersedia di internet.

Gadget juga berdampak bagi anak sehingga anak menjadi tidak disiplin dalam penggunaan waktu saat belajar dan dapat menurunnya prestasi anak. Diperlukan pengawasan dan perhatian orang tua agar anak usia dini dapat menggunakan gadget seperlunya.

Tidak sedikit para pelaku kejahatan melakukan aksi penipuan di media sosial.Para orang tua selalu berhati-hati dalam memberikan gadget kepada anak dan selalu mengawasi anak dalam menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari.

Anak merupakan tumpuan dan harapan dimasa depan,maka orang tua selalu memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anaknya serta mengubah perilaku anaknya. Semua orang tua berperan aktif dalam pendidikan anak dan  ingin melihat anaknya berhasil. 

Red/ Diah Lestari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )