Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Anak SD

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman sekarang ini perkembangan serta kemajuan teknologi sangatlah pesat.

Dengan perkembangan teknologi tersebut memberikan dampak yang besar dalam kehidupan, seperti semakin maraknya penggunaan teknologi yang menjadikan seseorang bergantung pada teknologi tersebut.

Saat ini penggunaan teknologi tidak hanya dimanfaatkan oleh orang dewasa, namun usia anak-anak juga sudah mampu menguasai teknologi. Seperti halnya penggunaan teknologi gadget yang saat ini sudah banyak dikuasai oleh anak usia sekolah das

Dengan merambahnya teknologi gadget pada anak usia sekolah dasar, tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik apabila penggunaan gadget tersebut tanpa pendampingan serta pengawasan dari orang tua.

Saat ini dengan gadget anak dapat mengakses segalanya tanpa memilah apakah yang ia akses tersebut bermanfaat bagi dirinya atau tidak. Saat ini penggunaan teknologi gadget marak digunakan oleh anak usia sekolah dasar.

Mereka menggunakan gadget untuk bermain game online. Penggunaan gadget pada anak usia sekolah dasar juga dipengaruhi oleh kurangnya pengawasan dari orang tua yang tidak membatasi penggunaan gadget pada anaknya. 

Apabila hal ini terus menerus dibiarkan maka akan menganggu kegiatan belajar siswa yang juga akan berpengaruah pada prestasi belajar anak.

Waktu yang seharusnya digunakan anak untuk belajar, namun dengan kebiasaan bermain game online menggunakan gadget, akan sangat mengganggu kegiatan belajar pada anak.

Anak akan merasa malas untuk belajar, hal ini bukan sepenuhnya kesalahan pada anak ,kebiasaan orang tua yang terlalu sering mebiarkan anaknya  memegang gadget untuk menenangkan mereka disaat rewel ataupun menyibukkan anak agar tidak mengganggu saat orang tua sibuk.

Karena kebiasaan tersebut, anak yang seharusnya dapat fokus belajar , namun dengan kebiasaan bermain game online dapat menyebabkan anak menjadi malas belajar, sehingga akan mempengaruhi prestasinya disekolah.

Jika hal ini terus menerus dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi perkembangan belajar anak usia sekolah dasar.

Selain menjadi kecanduan akan game online yang sering dimainkan di gadget dan malas belajar, tanpa disadari hal tersebut akan berpengaruh terhadap prestasi anak di usia SD. 

(Red/ Reza Fitriana dengan NIM 2018015199 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar )