PENGARUH GAME ONLINE BAGI ANAK-ANAK

Kampus Kita

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pada masa kini game onkine sudah meraja lelah dikalangan masyarakat, terutama pada anak-anak. Perkembangan teknologi yang pesat dengan mudah kita peroleh.

Mulai dari kalangan anak-anak sampai kalangan dewasa berlomba-lomba untuk mengunduh permainan-permainan di internet yang menarik perhatian,dimana permainan itu biasa disebutngame online.

Ada banyak game online yang biasa dimainkan oleh anak seperi Hugo, Mobile Legend, PUBG, Free Fire dan sebagainya.

Dengan adanya kehadiran game online ini sumguh menarik perhatian anak-anak sehingga membuat anak-anak menjadi lupa akam tugas mereka yakni sebagai pelajar, bahkan anak-anak yang berumur balita pun sudah bisa bermain game online.

Penggemar di tanah air setiap tahun semakin bertambah. Hal ini menyebabkan Indonesi di klim sebagai Negara pasar Mobile Gaming terbesar di Asia Tenggara, dari 142 juta pengguna akses internet,data menunjukan bahwa sekitar 30 juta anak-anak aktif bermain game setiap harinya (Baca dalam harian techno.Okezone).

Setiap anak-anak yang bermain game online harus tahu bahwa game online memiliki efek kecanduhan yang berdampak buruk bagi kesehatan, fisik psikologi, dan gangguan otak.

Selain dampak negatif di atas ada pula dampak positifnya yang dirasaka setiap anak-anak apabila bermain game online yakni meningkatkan kerja otak, menambah teman, membuat pola pikir semakin cepat, menghilangkan stres, melatih kesabaran, dan melatih ketangkasan.

(Red/ Dendi Cabellen NIM 2018015181 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP),Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar )