Pengaruh Kecanduan Gadget Pada Anak

Kampus Kita

KORANBOGOR.,com,YOGYAKARTA-Tidak dapat dipungkiri bahwa kita tidak dapat lepas dari penggunaan gadget,bahkan hampir setiap rumah memiliki gadget.Penggunaan gadget ini dapat memberikan dampak positif terhadap pemakainya jika digunakan dan dimanfatkan dengan baik dan benar,tetapi juga dapat memberikan dampak negatif jika tidak dapat memanfaatkannya dengan baik.Semua punya gadget,dari anak kecil hingga orangtua.

Saat ini banyak anak kecil rata rata usia Sekolah Dasar jika berkumpul bersama teman temannya sudah tidak bermain seperti lari-larian atau sekedar berkumpul untuk belajar kelompok akan tetapi,ketika berkumpul masing-masing anak sudah membawa gadgetnya entah sekedar untuk menonton youtube ataupun bermain game yang dilakukan bersama (mabar).

Anak yang sudah kecanduan gadget akan sulit melepaskan.Banyak orang tua memberikan gadget pada anak dengan alasan agar si anak diam padahal itu salah karena seharusnya sebagai orangtua mendampingi anaknya untuk belajar dan sekedar mengobrol santai agar lebih dekat.

Banyak anak yang sudah tidak terkontrol ketika kecanduan gadget karena menonton youtube maupun main game tidak hanya dalam waktu yang sebentar tetapi sampai berjam jam dan itu dilakukan setiap hari dan mungkin terkadang juga ada fasilitas berupa wifi dirumah yang mendukung anak betah untuk memainkan gadgetnya bahkan sambil tiduran sampai lupa waktu., akibatnya ia akan meniru apa yang ia tonton pada gadgetnya karena tontonan juga sangat berpengaruh terhadap perilaku anak, karena daya ingat anak masih kuat dan akan selalu terekam diotaknya entah itu berupa game peperangan, tinju, maupun youtube. Karena ia merasa sudah benar melakukan itu.

Misalnya ada seorang anak SD saling bertengkar bahkan sampai pukul memukul, itu bisa jadi akibat apa yang ia tonton pada gadgetnya dan tidak ada awasan dari orangtua.Bahkan sampai berani terhadap orang tua, ditegur tidak menyahut, dinasehati berani melawan, dan seenaknya sendiri karena merasa sudah paling benar.

Kecanduan pada gadget juga akan berpengaruh terhadap belajar anak karena jika sudah memegang hp malas untuk belajar, jangankan untuk belajar, beranjak dari tempat pun malas sekali.

Waktu tidur berkurang, pagi susah bangun, makan tidak teratur hanya karena gadget. Akibatnya terlambat sekolah, tidak memperhatikan guru, nilai jelek, di Sekolah mengantuk bahkan sampai ada yang melamun karena memikirkan apa yang ia tonton.

Sebagai orangtua seharusnya juga dapat mengontrol penggunaan gadget pada anak, bukan hanya dibiarkan begitu saja, sesekali juga cek gadget anak, lihat apa yang ditonton dan apa yang dilakukan dalam penggunaan gadget. Dan kita harus dapat mengontrol diri kita terhadap penggunaan gadget, bukan gadget yang mengontrol kita.

(Red/Cholid Anwar Hidayat dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)