Pengaruh Lagu Untuk anak Sekolah Dasar

Kampus Kita

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Perkembangan musik di Indonesia sekarang sedang mencapai puncaknya.Sekarang banyak lagu bermunculan yang dapat mencuri perhatian masyarakat. Dari orang dewasa hingga anak-anak.

Namun hal itu menjadi pengarauh oleh lingkungan,salah satunya lagu-lagu dewasa. Anak Sekolah Dasar jaman sekarang lebih sering mendengarkan lagu orang dewasa dari pada lagu anak.Padahal sang anak belum tentu paham akan arti atau makna dari lagu yang ia nyanyikan.

Apakah itu baik ataupun buruk. Hal itu dikarenakan anak-anak lebih sering melihat serta mendengarkan orang dewasa menyanyi sehingga anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang dewasa.

Sehingga banyak anak SD yang “ Dewasa belum pada saatnya “. Oleh karena itu pembelajaran untuk memberikan contoh yang baik kepada anak sangat penting.

Peran orang tua serta guru Sekolah Dasar sangat di butuhkan dalam pembelajaran sang anak. Bahkan lingkungan sekitarpun juga ikut mengambil peran yang penting.

Nah, bagaimana caranya agar orang dapat bernyanyi namun dengan lagu yang sesuai dengan usianya? Hal pertama yang dapat dilakukan ialah membiasakan si anak untuk menyayikan lagu anak.Perdengarkan si anak lagu-lagu yang memang dengan usianya.

Misalkan di rumah, orang tua setiap hari atau saat bermain dengan anak menyetelkan lagu anak, agar sang anak bernyanyi mengikuti lagu anak, agar sang anak bernyanyi mengikuti lagu yang di putar.

Selain di rumah,di sekolahpun guru juga dapat mengajarkan lagu-lagu yang baru yang pastinya untuk anak-anak kepada muridnya,selain itu untuk pembelajaran hal tersebut juga dapat dijadikan selingan agar saat proses belajar tidak terlalu membosankan.

Dengan cara tersebut anak akan mulai terbiasa dengan lagu yang sering didengarnya dan akan menyanyikan lagu tersebut secara terus menerus. 

Karena lagu anak dikenal dengan liriknya dengan mudah dan ceria, anak akan cenderung cepat mengingat lirik lagu dan secara otomatis anak akan menari bergoyang saat bernyanyi karena irama yang asik

Mengapa demikian karena lagu anak banyak memberikan makna dan contoh yang baik.Cotohnya saja lagu “Bangun Tidur” dari lagu tersebut memiliki makna agar mengajarkan anak dalam setiap bangun tidur langsung mandi,serta merapikan tempat tidurnya sendiri,dari situ anak akan disiplin dan mandiri.

Dan tidak hanya lagu Bangun tidur saja. Masih banyak lagi, lagu anak yang memiliki makna yang baik. Maka dari itu jangan biasakan anak-anak untuk mendengarkan lagu-lagu orang dewasa.

Jika anak di biasakan mendengarkan lagu anak dapat membantu perkembangan anak dalam keterampilan kognisi,seperti memori dan konsentrasi. Karena musik dapat merangsang respons relaksi,motivasi atau pikiran, imajinasi, dan memori.

(Red/Nintia Anggun Febriyanti,NIM : 2018015355,Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)